Sukses

Ahmad Riza Patria Dilantik Jadi Wagub DKI Jakarta Siang Ini

Pelantikan Riza Patria sebagai Wagub DKI akan mengikuti protokol kesehatan virus Corona atau Covid-19.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi akan melantik Ahmad Riza Patria sebagai Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta di Istana Negara, hari ini, Rabu (15/4/2020). Pelantikan pendamping Anies Baswedan itu digelar pukul 13.00 WIB.

"Insyaallah besok (hari ini) di Istana. Permintaan pelantikan sudah minggu lalu, sudah dijawab itu, sudah disampaikan ke pihak Balai Kota, ke Sekwan juga," kata Anggota Panitia Pemilihan Wagub DKI Jakarta Andyka, Selasa 14 April 2020.

Berhubung dalam situasi pandemi virus Corona atau Covid-19, pihak Istana menyatakan hanya akan mengundang 30 tamu undangan pada pelantikan Wagub DKI Jakarta.

"Ada 30 (tamu undangan) kurang lebih, sama menteri, sama yang dilantik, sama keluarga," kata Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono saat dihubungi, Selasa.

"Menteri hanya 4 kita undang, 4 sampai 6, saya lupa antara itu," sambungnya.

Heru memastikan, pelantikan Riza Patria sebagai Wagub DKI akan mengikuti protokol kesehatan virus Corona atau Covid-19. Salah satunya, menerapkan physical distancing atau jaga jarak aman antartamu yang hadir.

"Dengan sangat terbatas undangan karena mengikuti protap protokol Covid. Harus ada jaga jarak, ruangan tidak boleh terlalu penuh dan upacaranya sangat singkat," jelas dia.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Wagub DKI 2 Tahun Kosong

Setelah lebih dari dua tahun kosong, kursi Wakil Gubernur DKI Jakarta akhirnya terisi. Adalah politikus Gerindra, Ahmad Riza Patria yang mengisi kekosongan kursi Wagub DKI setelah ditinggal Sandiaga Uno.

Riza Patria terpilih menjadi Wagub DKI Jakarta hingga 2022 pada Senin 23 Maret. Kandidat yang diusung Fraksi Gerindra itu meraih 81 suara saat pemilihan Wagub oleh DPRD DKI. Dia menang telak dari pemungutan suara di DPRD DKI.

Sementara penantangnya yakni Cawagub yang diusung PKS, Nurmansjah Lubis hanya meraih 17 suara. Sedangkan 2 suara dianggap tidak sah.

Jumlah tersebut sesuai dengan tata tertib DPRD atas pemilihan Wakil Gubernur yang menyatakan pemenang kontestasi ini meraih suara 50 ditambah 1.

Sementara saat proses pemilihan, jumlah anggota DPRD yang hadir mencapai 100 orang dari 106 anggota.

 

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.