Sukses

Hari ke-5 PSBB di Jakarta, Jumlah Penumpang Commuter Line di Jam Sibuk Berkurang

Menurut Adli, kondusifnya penumpang di stasiun dikarenakan masyarakat sudah memahami status PSBB yang saaat ini sedang berlaku di Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) menyebutkan jumlah penumpang kereta rel listrik (KRL) menuju kawasan Jakarta di hari kelima pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) semakin terkendali.

"Di sejumlah stasiun pemberangkatan pagi ini seperti Stasiun Bogor, Cilebut, Bojong Gede, Depok, dan Bekasi suasana lebih kondusif, antrean juga lebih tertib dibandingkan hari kemarin," ucap Manager External Relations Adli Hakim, dalam keterangannya, di Jakarta, Selasa (14/4/2020).

Menurut Adli, kondusifnya penumpang di stasiun dikarenakan masyarakat sudah memahami status PSBB yang saaat ini sedang berlaku di Jakarta.

"Pengguna sudah mengetahui pembatasan yang ada, dan PT KCI juga melakukan penyesuaian operasional untuk kereta-kereta pemberangkatan awal," kata dia.

Adli mengatakan beberapa rute yang sebelumnya memiliki jam operasional mulai pukul 06.00 WIB, diubah waktu pemberangkatannya lebih awal menjadi pukul 04.42 WIB.

Salah satu stasiun yang mengalami perubahan jam keberangkatan untuk kereta pertama itu adalah Stasiun Bogor. Selain perubahan jadwal keberangkatan, KCI juga mendapatkan pengamanan dari 74 orang anggota Brimob Polri untuk menjaga suasana di setiap stasiun tetap kondusif meski pada Senin, 13 April 2020 kemarin, sempat padat karena penyesuaian aturan.

KCI juga melaporkan terjadi pengurangan massa yang menggunakan transportasi umum KRL miliknya, misalnya untuk Stasiun Bogor.

"Kondisi Stasiun Bogor hingga pukul 09.00 WIB pagi ini jumlah pengguna yang keluar masuk tercatat ada 5.075 pengguna, berkurang 1.157 pengguna dibanding hari kemarin di jam yang sama yang mencapai 6.232 pengguna," kata Adli seperti dilansir dari Antara. 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Patuhi Aturan PSBB

Adli berharap masyarakat yang menggunakan layanan KRL terus mematuhi aturan yang disarankan pemerintah baik pusat maupun daerah terkait kebijakan memutus penyebaran Covid-19 di transportasi umum.

"PT KCI tetap menghimbau kepada seluruh pengguna jasa untuk selalu menjaga jarak physical distancing di dalam KRL. Selalu gunakan masker apabila beraktivitas di luar rumah," kata Adli.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.