Sukses

Kemnaker Gelar Pelatihan Online K3 Corona, Cek Cara Daftar dan Jadwalnya di Sini!

Kementerian Ketenakaerjaan melalui Balai Besar Pengembangan K3 Makassar mengadakan pelatihan kelas online K3 Corona sebagai media informasi, edukasi dan konsultasi K3 Corona bagi tenaga kerja.

Liputan6.com, Jakarta Menghadapi pandemi Covid-19, Kementerian Ketenakaerjaan melalui Balai Besar Pengembangan K3 Makassar mengadakan pelatihan kelas online K3 Corona sebagai media informasi, edukasi dan konsultasi K3 Corona bagi tenaga kerja. 

Kelas online K3 Corona bertema "Bersama Melawan Covid-19" dengan menggunakan aplikasi zoom cloud meeting ini dilaksanakan mulai Senin, 13 April hingga Jum'at, 17 April 2020 nanti.

"Di kelas online ini akan dibahas berbagai tema berkaitan dengan Covid-19 dari sudut pandang K3 yang dibutuhkan oleh tenaga kerja," ujar Kepala Balai Besar Pengembangan K3 Makassar (Sulawesi Selatan), Aminah melalui keterangan tertulisnya, Senin (13/4/2020). 

Aminah menyadari dalam kondisi penyebaran Covid-19 yang begitu cepat, ada masih banyak tenaga kerja yang belum bisa bekerja dari rumah (work from home). Ada pekerjaan yang harus dikerjakan dengan kehadiran.

"Para tenaga kerja ini tidak memiliki pilihan, masih harus keluar rumah dan bertemu dengan orang banyak dan tentu saja mereka menjadi rentan terpapar," kata Aminah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Melawan Covid-19

Atas kondisi tersebut, Aminah menegaskan pihaknya tergerak menghadirkan kelas online K3 Corona bagi tenaga kerja. Di kelas online ini akan dibahas berbagai tema berkaitan dengan Covid-19 dari sudut pandang K3 yang dibutuhkan oleh tenaga kerja.

Aminah berharap kelas online ini bisa menjadi reminder untuk tetap menjaga protokol saat berangkat kerja dan tiba dari bepergian. Yakni dengan memperhatikan keselamatan dan kesehatan kerja selama di tempat kerja. Serta tenaga kerja yang WFH, tetap menjaga produktivitas dan kesehatan mental di masa physical disantancing ini.

"Sebagai makhluk sosial, ketika kita tatap muka dengan rekan-rekan meski secara online, dari aspek psikologis, juga mampu meningkatkan semangat kerja, memberi rasa nyaman dan meminimalisir rasa khawatir karena pandemi," ujar Aminah.

3 dari 3 halaman

Cara Daftar Kelas Online

Ditambahkan Aminah, kegiatan yang berlangsung selama 5 hari ini akan menyajikan tema yang berbeda setiap harinya. Mulai dari cara mencegah penularan covid-19 ditempat kerja; nutrisi apa saja yang dibutuhkan untuk tingkatkan imunitas dan penggunaan APD yang tepat selama musim pandemi.

"Bukan hanya itu, bahaya cairan disinfektan yang sering digunakan untuk melawan covid-19 juga akan dibahas pada kelas online ini, " kata Aminah.

Aminah mengatakan bagi pekerja yang telah bekerja dari rumah akan diberikan tips agar tetap produktif dan cara untuk meminimalisir stres selama  physical distancing diberlakukan. Bagi yang berminat menjadi peserta, dapat melakukan pendaftaran melalui link https://bit.ly/ KelasK3Corona.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini