Kemendagri Koordinasi Terkait Stabilitas Politik Dalam Negeri

Oleh Reza pada 13 Apr 2020, 11:55 WIB
Diperbarui 13 Apr 2020, 13:28 WIB
Kemendagri Bahtiar

Liputan6.com, Jakarta Di tengah pendemi, Ditjen Politik dan Pemerintahan Dalam Negeri (Ditjen Pol & PUM) Kementerian Dalam Negeri tetap bekerja untuk memantau kondisi sosial dan politik di daerah. Hal itu dilakukan melalui Rapat Video Conference yang dipimpin Sekretaris Ditjen Poltik dan PUM Imran di Jakarta, Senin (13/04/2020).

“Kami tetap bekerja, melaksanakan rapat melalui bantuan teknologi, ini semata-mata kami lakukan dalam rangka pencegahan, penyebaran dan percepatan penanganan COVID-l9, serta untuk memantau stabilitas kondisi pada aspek sosial politik di daerah akibat dampak COVID-19,” kata Imran.

DItambahkannya, pandemi COVID-19 jangan sampai mengganggu stabilitas sosial dan politik di daerah. Sebab, menurutnya, hal itu akan berdampak luas pada aspek lainnya, terutama stabilitas politik dalam negeri.

“Ini kita harus antisipasi, karena daerah juga sebagai ujung tombak stabilitas poltik dalam negeri, oleh itu diperlukan pemantauan khusus, dan peran dari Kesbangpol dalam hal ini sangatlah strategis untuk memastikan itu,” ujarnya.

Rapat dilakukan untuk mendengar secara langsung situasi dan stabilitas sosial-politik di daerah dalam kondisi pandemi COVID-19, serta dalam rangka memantau langsung terkait kesiapan daerah dalam pemenuhan kebutuhan sembako untuk masyarakat sampai bulan Desember 2020.

 

Kemendagri
Kemendagri melalui rapat video conference dipimpin Plt. Dirjen Pol & PUM Kemendagri Bahtiar di Jakarta, Senin (13/04/2020).

“Kami mendengar laporan terkait perkembangan situasi di daerah yang di sampaikan oleh Kepala Badan Kesbangpol Provinsi se-Indonesia, juga dibahas terkait stabilitas politik dalam negeri agar kepala Kesbangpol perlu melakukan deteksi dini serta memberdayakan ormas ormas yg ada di wilayah masing-masing untuk bersinergi dalam menjaga stabilitas politik yang ada dan tidak mudah terprovokasi oleh pihak-pihak yg tidak bertanggungjawab,” ucap Imran.

Imran juga mengapresiasi sinergi Kesbangpol se-Provinsi Indonesia. Ia berharap Kesbangpol tetap semangat dalam menjalankan tugas disaat kondisi pandemi seperti ini.

“Kami berterima kasih kepada daerah atas atensinya mengikuti rapat ini dan melaporkan situasi stabilitas politik dalam negeri. Kami harap Kesbangpol Provinsi untuk tetap semangat dalam membantu Gugus tugas Penanganan COVID-19 di daerah dan tetap menjaga kesehatan,” pujinya.

 

(*)