Sukses

Jokowi Minta Masyarakat Contoh Warga Cimahi Tak Kucilkan Pasien Positif Corona

Jokowi memerintahkan jajarannya terus menggaungkan pentingnya gotong royong di tengah pandemi virus corona Covid-19.

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo atau Jokowi meminta jajaranya di kabinet untuk terus mengingatkan masyarakat bahwa gotong royong dalam menghadapi pandemi virus Corona atau Covid-19 sangat penting.

Hal ini disampaikan Jokowi saat membuka rapat terbatas (Ratas) dengan jajaran Kabinet Indonesia Maju dan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 melalui video conference.

"Yang terakhir tolong diingatkan bahwa gotong royong, partisipasi, saling membantu itu bisa ditumbuhkan dari bawah, ini penting sekali," kata Jokowi, Senin (13/4/2020).

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengaku sangat bangga melihat gotong toyong yang dilakukan warga Cimahi, Jawa Barat di tengah pandemi virus corona.

"Saya sangat senang sekali kemarin melihat, misalnya di Cimahi. Kerukunan antartetangga dengan baik. Yang positif diisolasi, tetapi tetangganya membantu," ungkap Jokowi.

Jokowi menegaskan, hal seperti inilah yang harus digaungkan saat darurat virus corona di Indonesia.

"Hal-hal seperti ini, ke gotong-royong ini yang harus kita terus gaungkan. Sehingga benar-benar kalau ada isolasi mandiri, kalau ada pasien positif yang ada di sebuah kampung bukan malah dikucilkan, tetapi kanan kirinya bisa tolong-menolong," pungkasnya.

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Segera Beri Bantuan Masyarakat

Presiden Joko Widodo atau Jokowi meminta kepada Menteri Sosial Juliari P Batubara dan Menteri Keuangan Sri Mulyani segera membagikan bantuan sosial untuk masyarakat. Dia menjelaskan saat ini keadaan sudah mendesak ditengah pandemi Corona Covid-19.

"Saya minta mensos dan menkeu juga minggu ini semuanya harus bisa jalan. Ini sudah sangat sangat mendesak," kata Jokowi saat membuka rapat terbatas bersama Laporan Tim Gugus Tugas Covid-19 melalui siaran telekonference di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Senin (13/4/2020).

Dia meminta kepada menteri terkait segera membagikan kartu prakerja, untuk para pekerja yang terkena PKH akibat Corona, serta kartu sembako.

"Semua harus berjalan minggu ini," jelas Jokowi.

Dia menjelaskan saat ini masyarakat sangat membutuhkan bantuan. Jangan sampai kata Jokowi, pemerintah hanya memberikan janji saja.

"Saya melihat bahwa kebutuhan itu sudah ditunggu oleh masyarakat jangan nanti di bawah melihat hanya omong saja tapi barang enggak sampai ke rakyat ke masyarakat," tegas Jokowi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.