Sukses

Bakamla Antisipasi Penyebaran Corona Covid-19 di Desa Pesisir

Desa pesisir merupakan wilayah yang sangat rentan terhadap penyebaran virus Corona Covid-19 karena akses antardesa dan wilayah seberang melalui jalur laut yang lebih terbuka.

Liputan6.com, Jakarta - Badan Keamanan Laut (Bakamla) RI mensosialisasikan perilaku hidup sehat serta melakukan upaya pencegahan penyebaran virus Corona Covid-19 di desa pesisir.

Pasalnya, desa pesisir merupakan wilayah yang sangat rentan terhadap penyebaran virus Corona Covid-19 karena akses antardesa dan wilayah seberang melalui jalur laut yang lebih terbuka.

"Bakamla memang memiliki tugas pengamanan wilayah laut, tetapi tidak dapat dipisahkan dengan wilayah daratan yang masih berhubungan dengan laut, maka perhatian kami juga pada desa dan warga pesisir khususnya para nelayan," ujat Kepala Bakamla Laksamana Madya TNI Aan Kurnia saat dikonfirmasi, Minggu (12/4/2020).

Dalam hal ini, ia menginstruksikan kepada para kepala kantor di wilayah beserta jajarannya untuk melakukan upaya dalam mendukung wilayah pesisir, khususnya desa-desa nelayan agar terbebas Corona Covid-19 .

"Ini program penanganan pandemi Covid-19 di darat menjadi tugas Bakamla selain pengamanan wilayah laut. Para kepala kantor zona maritim, kantor pangkalan maritim, stasiun bumi dan stasiun pemantau turun ke desa sekitar menggelar sosialisasi hidup sehat dan pencegahan virus," ucap Aan.

Dia menjelaskan, upaya yang dilakukan Bakamla mencegah penyebaran virus Corona Covid-19 melalui kantor zona maritim saat ini telah melakukan pembagian masker dan penyemprotan disinfektan.

"Ini dilakukan untuk mencegah penularan melalui droplet dan mensterilisasi lingkungan desa pesisir," ucap Aan.

 

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Semua Disemprotkan

Sedangkan di zona maritim barat, kata Aan, penyemprotan disinfektan tidak saja ke lingkungan, tetapi juga ke perahu nelayan yang sedang bersandar.

"Dapat dibayangkan bahwa warga di perkotaan saja kesulitan mendapatkan masker, apalagi warga di desa pesisir. Kami berupaya dengan daya yang ada untuk mendukung pemerintah dalam penanganan covid-19, melalui bantuan penyemprotan, pembagian disinfektan dan penyuluhan sosial kepada warga masyarakat di sekitar lingkungan kami," pungkas Aan.

 

Reporter : Ronald Chaniago

Sumber : Merdeka

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.