Sukses

MUI Dukung Istigasah dan Zikir Nasional Asal Secara Online

Diketahui, usulan Istigasah dan zikir nasional muncul pada saat Raker Kerja Komisi 8 DPR RI dengan Kementerian Agama.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Ketua MUI Zainut Tauhidd mendukung istigasah  dan zikir nasional dalam rangka menangkal pandemi virus corona atau Covid-19 dengan catatan dilakukan secara online.

"Kami usul secara online yang disiarkan langsung melalui televisi nasional, sehingga bisa diikuti oleh seluruh rakyat Indonesia dari kediamannnya masing-masing," kata Zaiunut, Kamis (9/4/2020).

Diketahui, usulan Istigasah dan zikir nasional muncul pada saat Raker Kerja Komisi 8 DPR RI dengan Kementerian Agama. Saat itu, Juru bicara Fraksi PKS Hidayat Nur Wahid (HNW) menyampaikan untuk menanggulangi wabah Covid 19 perlu menghadirkan pendekatan spritual.

HNW berharap Kementerian Agama menginisiasi kegiatan tersebut dan mengusulkan agar istigasah langsung dipimpin oleh Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin yang juga sebagai Ketua Umum MUI.

"Menurut hemat saya, berdoa menjadi bagian yang sangat penting bagi kehidupan bangsa Indonesia," imbuh Zainut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ikhtiar Batin

Zainut memandang berdoa merupakan ikhtiar batin untuk memohon pertolongan Allah SWT agar bangsa Indonesia diberikan kekuatan, kesabaran dan keselamatan dalam menerima ujian, cobaan, musibah dan marabahaya termasuk wabah pandemi virus Korona.

"Jadi istigasah akan diisi dengan bacaan-bacaan kalimat thayyibah, seperti dzikir, salawat kepada Nabi dan pembacaan doa. Kegiatan tersebut bisa dikaitkan sekaligus dengan acara targhib menyongsong bulan suci Ramadhan yang sebentar lagi tiba," jelasnya menandasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • MUI adalah lembaga independen yang mewadahi para ulama, zuama, dan cendikiawan Islam untuk membimbing, membina, dan mengayomi umat Islam di

    MUI

  • Penyebaran Covid-19 ke seluruh penjuru dunia diawali dengan dilaporkannya virus itu pada 31 Desember 2019 di Wuhan, China

    COVID-19

  • Istigasah

  • corona virus