Sukses

500 TKI Pulang dari Malaysia Akan Diisolasi di Sumut

Dinkes Sumut mengimbau, dalam menjalani proses isolasi para TKI Malaysia agar mematuhi anjuran pemerintah

Liputan6.com, Jakarta - Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara dan juga tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Sumut akan membawa 500 orang tenaga kerja Indonesia (TKI) dari Malaysia yang pulang melalui Bandara Internasional Kualanamu pada 9-10 April 2020 ke lapangan Cadika untuk dikarantina guna memastikan tidak membawa virus yang mematikan itu walaupun berstatus Orang Tanpa Gejala (OTG).

"Setelah mereka diperiksa kesehatannya dan mengisi kartu kewaspadaan kesehatan serta relatif steril di Bandara Kualanamu, baru kita bawa ke Cadika dan dipilih mana saja mereka berasal sebelum kita pulangkan ke daerahnya masing-masing," kata Kepala Dinas Kesehatan Sumut Alwi Mujahit Hasibuan, Rabu malam, 8 April 2020.

Selain itu pihaknya juga akan melakukan prosedur yang saat ini diberlakukan yakni pemeriksaan kesehatan termasuk pengecekan suhu tubuh, penyemprotan disinfektan kepada TKI maupun barang bawaan yang bertujuan untuk mencegah masuknya COVID-19 melalui TKI yang kembali dari luar negeri.

"Berapa lamanya tergantung situasi dan nantinya kita harap mereka diisolasi di tempatnya masing-masing untuk diperiksa lebih lanjut dan proses pemeriksaan kesehatan yang lebih intensif guna memastikan tidak membawa virus COVID-19," katanya seperti dikutip dari Antara.

Dinkes Sumut mengimbau, dalam menjalani proses isolasi para TKI Malaysia agar mematuhi anjuran pemerintah sehingga mereka tidak membahayakan keluarganya ketika pulang ke rumahnya masing-masing.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Diperiksa Imigrasi

Sebelumnya pihak Angkasa Pura II sebagai pengelola Bandara Kualanamu akan melakukan penanganan sesuai dengan ketentuan SOP Karantina Kesehatan Pelabuhan sebagai pintu masuk melalui pelabuhan udara.

Para TKI tersebut akan diperiksa dokumen mereka oleh Petugas Imigrasi Bandara Kualanamu, pemeriksaan kesehatan dan lain sebagainya.

Setelah dari Bandara Kualanamu, para TKI tersebut rencananya akan dikarantina atau diisolasi selama 14 hari di bawah pengawasan Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Sumut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.