Sukses

Prihatin Penolakan, Relawan Ini Siapkan Tanah Pemakaman untuk Jenazah Corona Covid-19

Asep mengaku tetap mengikuti arahan Bimas Islam Kementerian Agama terkait protokol pemakaman.

Liputan6.com, Jakarta Pandemi virus corona atau Covid-19 telah memberikan tekanan besar bagi masyarakat khususnya di Indonesia. Rasa takut dan panik bahkan membuat sejumlah warga tega menolak jenazah para korban dikuburkan di sekitar lingkungannya.

Keprihatinan tersebut memicu aksi relawan untuk menyediakan lahan pemakaman bagi korban meninggal dunia akibat Covid-19. CEO Sinergi Foundation, Asep Irawan berinisiatif mengalokasikan 1 blok lahan Firdaus Memorial Park (FMP), Bandung, sejumlah 10 kavling untuk jenazah Covid-19.

"Dari jumlah 10 kavling tersebut, memiliki daya tampung sebanyak 60 jenazah. Di mana setiap kavlingnya terdapat dua lubang liang lahat, dan setiap lubang liang lahat dapat diisi hingga tiga jenazah," tutur Asep dalam keterangannya, Rabu (8/4/2020).

Asep mengaku tetap mengikuti arahan Bimas Islam Kementerian Agama terkait protokol pemakaman. Seperti lokasi penguburan harus berjarak 50 meter dari sumber air tanah yang digunakan untuk air minum, juga berjarak sekitar 500 meter dari pemukiman warga.

"Jenazah harus dikubur di kedalaman, sekurang-kurangnya 2,5 meter lalu ditutupi dengan tanah setinggi 1 meter," jelas dia.

Selama prosesi pemakaman, lanjutnya, petugas akan dilengkapi Alat Pelindung Diri (APD) standar sesuai protokol pemakaman jenazah terinfeksi Covid-19.

Fasilitas lain seperti sanitizer Booth juga tersedia di pintu masuk area makam.

"Setelah semua prosedur jenazah dilaksanakan dengan baik, barulah pihak keluarga dapat turut dalam prosesi pemakaman jenazah," Asep menandaskan.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.