Sukses

4 Fakta Menarik soal Pemilihan Wagub DKI Jakarta yang Dimenangkan Riza Patria

Ahmad Riza Patria telah terpilih menjadi Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta menggantikan Sandiaga Uno.

Liputan6.com, Jakarta -i Ahmad Riza Patria telah terpilih menjadi Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta menggantikan Sandiaga Uno. Pemilihan itu dilakukan melalui voting oleh Anggota DPRD DKI Jakarta, Senin, 6 April 2020.

Riza Patria menang melawan kandidat calon Wagub DKI lainnya, Nurmansjah Lubis, yang merupakan perwakilan dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Riza mengklaim PKS dan Nurmansjah Lubis telah menerima hasil pemilihan Wagub DKI itu. Dia juga mengaku hubungannya dengan mantan kompetitornya tersebut tetap baik.

"Sudah, PKS dan Bang Nurmansjah sudah mengucapkan ucapan selamat. Ya, PKS dan Bang Nurmansjah itu saudara saya," kata Riza melalui sambungan telepon, Jakarta, Senin, 6 April 2020.

Berikut sejumlah hal terkait pemilihan Wagub DKI Jakarta yang telah dirangkum oleh Liputan6.com:

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Dilaksanakan Saat Pandemi Covid-19

Anggota Panitia Pemilihan Wagub DKI Andyka menyatakan pemilihan wagub dimulai dengan penandatanganan sejumlah pakta integritas oleh kedua calon.

"Agenda kita mulai pukul 10.00 WIB ada penandatanganan pakta integritas dua. Jadi integritas untuk melaksanakan RPJMD, termasuk siap kalah siap menang dan sebagainya," kata Andyka saat dikonfirmasi, Senin (6/4/2020).

Dalam pelaksanaan pemilihan ini, dia mengklaim telah ada sejumlah prosedur tetap atau protap untuk tetap social distancing untuk pencegahan virus Corona atau Covid-19.

Rencananya, kata Andyka, pemilihan wagub ini tidak akan berlangsung lama, mungkin akan lebih cepat dengan waktu yang telah ditentukan. Rencananya kegiatan ini akan berlangsung selama dua jam saja.

"Mulai pembukaan sampai awal itu kita hitung sampai pemilihan itu 1 jam. Proses penghitungan sampai penetapan itu sekitar 1 jam juga insyaallah bisa lebih cepat dari itu," ucapnya.

 

3 dari 5 halaman

2. Nurmansjah Kalah Telak dengan Riza Patria

Penantian panjang warga Jakarta untuk mempunyai wagub baru pengganti Sandiaga Uno akhirnya terjawab. DPRD DKI Jakarta memutuskan nama Ahmad Riza Patria menjadi wagub terpilih untuk mendampingi Anies Baswedan hingga 2022 mendatang.

Riza Patria dipastikan terpilih usai memenangi voting para anggota DPRD DKI. Calon yang diusung Partai Gerindra ini mengantongi 81 suara.

Sedangkan saingannya, Nurmansyah Lubis, yang diusung PKS mendapatkan 17 suara. Sisanya 2 suara dianggap tidak sah. Total suara yang perebutkan adalah 100 suara.

 

4 dari 5 halaman

3. Ditayangkan secara Online

Pemilihan Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta dapat disaksikan oleh masyarakat secara langsung atau live streaming di akun Youtube Pemprov DKI Jakarta.

Saat rapat paripurna dimulai, Ketua Panitia Pemilihan (Panlih) Wagub DKI Farazandi Fidinansyah menyatakan pemilihan wagub tersebut dilakukan secara terbuka.

"Pemilihan wagub ini dilakukan secara terbuka untuk umum," kata Farazandi di gedung DPRD DKI Jakarta, Senin (6/4/2020).

 

5 dari 5 halaman

4. Jaga Social Distancing

Untuk melakukan social distancing, ruangan rapat paripurna hanya menyediakan 54 bangku untuk para anggota dewan yang akan memilih. Mereka yang belum memilih akan menunggu di ruang transit.

Saat memberikan suaranya, Ketua Panitia Pemilihan (Panlih) Wagub DKI Jakarta Farazandi Fidinansyah akan memanggil nama anggota dewan.

"Baik, terima kasih pada anggota dan pimpinan saya izin melakukan pemanggilan gelombang kedua. Ida Mahmudah, " kata Farazandi di gedung DPRD DKI Jakarta, Senin (6/4/2020).

Saat dipanggil, anggota dewan akan menerima kertas suara dan langsung memilih satu dari enam bilik yang ada. Terdapat 100 anggota dewan yang memberikan hal suaranya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.