Sukses

Jadi Wagub DKI, Harta Ahmad Riza Patria Capai Rp 19 Miliar

Ahmad Riza Patria akan mendampingi Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan usai memenangi voting para anggota DPRD DKI.

Liputan6.com, Jakarta - Ahmad Riza Patria terpilih menjadi Wakil Gubernur DKI Jakarta. Dia akan mendampingi Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan usai memenangi voting para anggota DPRD DKI.

Calon yang diusung Partai Gerindra ini mengantongi 81 suara. Sedangkan saingannya, Nurmansyah Lubis, yang diusung PKS, mendapatkan 17 suara. Sisanya 2 suara dianggap tidak sah. Total suara yang perebutkan adalah 100 suara.

Berdasarkan laman laporan harta kekayaan penyelenggara negara (LHKPN) yang diakses Liputan6.com melalui https://elhkpn.kpk.go.id/, harta Riza Patria mencapai Rp 19 miliar.

Harta tersebut dia laporkan pada 27 Februari 2020 untuk periodik 2019. Dia merupakan wajib lapor LHKPN lantaran berprofesi sebagai anggota DPR RI Fraksi Partai Gerindra.

Dalam laman tersebut tercatat Riza Patria memiki harta bergerak dan tidak bergerak. Untuk harta bergerak, Riza memiliki empat bidang tanah dan bagunan yang tersebar di Jakarta Selatan, Jakarta Pusat, dan Tangerang dengan nilai Rp 17.200.000.000.

Untuk harta bergerak, Riza Patria tercatat memiliki tiga buah kendaraan bermotor, yakni Toyota Velfire tahun 2011, Honda Freed tahun 2015, dan Toyota Inova tahun 2018. Nilai kendaraan bermotor Riza mencapai Rp 805 juta.

Harta bergerak lainnya yang dia laporkan yakni senilai Rp 283.237.600. Dia tercatat tak memiliki surat berharga. Namun kas atau setara kas lainnya mencapai Rp 436.891.728, serta harta lainnya sebesar Rp 330 juta.

Riza Patria tercatat tak memiliki utang, sehingga total harta kekayaan yang dia laporkan adalah sebesar Rp 19.055.129.328.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Anies Ucapkan Selamat

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengucapkan selamat kepada Ahmad Riza Patria yang terpilih menjadi Wakil Gubernur DKI Jakarta. Cawagub yang diusung Fraksi Gerindra DPRD DKI itu meraih 81 suara dari jumlah anggota DPRD yang hadir sebanyak 100 orang.

"Pemilihan penghitungan suara sudah selesai dan terpilih Bapak Ahmad Riza Patria, saya mengucapkan selamat dan insyaallah kita bisa kerja sama dengan baik. Saya berharap proses berikutnya bisa tuntas supaya mulai bekerja," ucap Anies seusai menghadiri pemilihan Wagub di DPRD, Senin (6/4/2020).

Anies menuturkan, setelah penetapan wagub terpilih, nama Riza akan diserahkan ke Kementerian Dalam Negeri untuk diteruskan kepada Presiden Joko Widodo.

"Proses ini dilanjutkan dengan pengusulan kepada Presiden melalui Mendagri sesudah itu pelantikan," terangnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.