Sukses

Gelar Operasi Covid-19, Polri Cek Suhu Tubuh Pengendara Pakai Drone

Kakorlantas Polri Irjen Istiono memimpin gelar operasi pertama tersebut hari ini di kawasan Senayan, Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta - Korlantas Polri bersama Ditlantas Polda Metro Jaya menggelar Operasi Keselamatan dan Pencegahan Penyebaran Virus Covid-19. Operasi tersebut baru dimulai Senin 6 April 2020 dan akan berlanjut hingga 19 April 2020.

Kakorlantas Polri Irjen Istiono menyampaikan, ini menjadi upaya sosialisasi ke masyarakat, khususnya para pengguna jalan, sekaligus upaya cipta kondisi pelaksanaan Operasi Ketupat nanti.

"Lebih mengedepankan upaya preventif dan preemtif. Ditengah pandemi virus Covid-19 saat ini, operasi kita gelar dengan mengutamakan keselamatan dari bahaya virus Covid-19, seperti yang kita lakukan saat ini dengan menggunakan drone," tutur Istiono dalam keterangannya, Senin (6/4/2020).

Istiono sendiri memimpin gelar operasi pertama tersebut hari ini di kawasan Senayan, Jakarta. Petugas menggunakan fasilitas drone untuk mendeteksi suhu tubuh kepada para pengguna jalan, khususnya pengemudi ojek online atau ojol yang memang masih melakukan aktivitas mencari nafkah di tengah pandemi Covid-19.

"Alat ini sangat membantu kita. Ini akan terus kita gunakan selama musim KLB. Nantinya bila ada suhu tubuh di atas 38 derajat akan kami rekomendasikan untuk diambil langkah cepat penanganan dan pencegahan penyebaran virus Covid-19," jelas dia.

Selain untuk mendeteksi suhu tubuh pengendara, lanjut Istiono, drone juga digunakan untuk memberikan imbauan terkait pentingnya membatasi interaksi sosial atau social distancing. Alat itu dilengkapi pengeras suara yang dihubungkan dengan audio berisikan pesan darurat Covid-19.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Berikan Bantuan Sembako

Tak sekadar memeriksa suhu tubuh, polisi juga memberikan bingkisan bagi pengemudi ojol yang sudah diperiksa dan dinyatakan sehat.

"Kita juga memberikan bantuan sembako kepada para pengemudi ojol usai diperiksa kesehatannya," Istiono menandaskan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.