Sukses

Terpilih Jadi Ketua MA Periode 2020-2025, Ini Harapan Muhammad Syarifuddin

Muhammad Syarifuddin resmi terpilih menjadi Ketua Mahkamah Agung (MA) periode 2020-2025.

Liputan6.com, Jakarta - Muhammad Syarifuddin resmi terpilih menjadi Ketua Mahkamah Agung (MA) periode 2020-2025. Dia menggantikan posisi Muhammad Hatta Ali yang akan memasuki massa pensiunnya pada 7 April 2020 dan menghabiskan massa bhaktinya hingga 1 Mei 2020.

Syarifuddin berharap, dengan terpilihnya dia, maka tak ada lagi perdebatan di dalam internal Mahkamah Agung. Dia ingin dapat memimpin MA dengan didukung oleh para hakim lainnya agar MA bisa lebih baik lagi.

"Ucapan terima kasih tiada terhingga kepada rekan-rekan saya yang telah digerakkan hatinya oleh tuhan melalui goresan tangannya telah memberikan kepercayaan kepada saya untuk menerima tongkat estafet kepemimpinan ketua MA ke-14," kata Muhammad Syarifuddin dalam sambutannya usai terpilih, Jakarta, Senin (6/4/2020).

"Mulai hari ini selesai sudah demokrasi kecil MA. Diharapkan mulai hari ini pula tidak ada lagi perbedaan pendapat, dukung mendukung di antara kita. Kita kembali bersatu padu, bahu membahu, menyambut tugas dan tanggung jawab kita ke depan agar MA dan peradilan lebih baik lagi. Hari ini harus lebih baik dari hari kemarin, dan hari esok harus lebih baik dari hari ini," sambung dia.

Syarifuddin juga ingin, apa yang pernah dicapai oleh Ketua MA sebelumnya yakni Hatta Ali dapat diteruskan dan ditingkatkan lagi olehnya dan beberapa hakim lainnya.

"Hatta Ali telah dinobatkan bapak pembaharuan bangsa dalam badan peradilan. Telah membawa kemajuan dan perubahan yang luar biasa, apa yang telah beliau capai bisa kita lanjutkan dan tingkatkan dengan kemajuan dan saya yakin visi kita, terwujudnya badan peradilan yang agung tidak perlu menunggu tahun 2035, bisa kita capai," ucap dia.

Muhammad Syarifuddin memperoleh 22 suara pada putaran pertama dan 32 suara pada putaran kedua. Untuk urutan kedua pada putaran pertama tersebut, diikuti oleh Andi Samsan Nganro yang memperoleh 14 suara pada putaran pertama dan kedua.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Proses Pemilihan Ketua MA Periode 2020-2025 Lancar

Dengan terpilihnya Syarifuddin menjadi Ketua MA periode 2020-2025, Hatta Ali pun mengucap syukur. Karena proses pemilihan ketua MA yang baru tersebut berjalan secara lancar ditengah wabah virus corona.

"Marilah kita panjatkan puji dan syukur, karena proses suksesi kepemimpinan di MA, yaitu pemilihan ketua MA dapat berjalan lancar dan sukses, walaupun di tengah suasana merebaknya covid-19. Saya mengucapkan selamat kepada Yang Mulia Doktor H Muhammad Syarifuddin sebagai ketua MA terpilih untuk periode 2020-2025," ujar Hatta.

Terpilihnya Syarifuddin menjadi Ketua MA yang baru, ia ingin agar para calon Ketua MA yang tidak terpilih tidak kecewa atas pemilihan tersebut. Hasil ini sendiri akan diserahkan langsung kepada Presiden Joko Widodo

"Kepercayaan ini amanah dan tanggungjawab besar yang harus dilaksanakan sepenuh hati dan penuh kerja keras. Kepada para calon ketua MA yang lain, yang telah mengikuti kompetisi ini dengan fair, saya berpesan, agar tidak berkecil hati, karena segala sesuatu pasti ada hikmah yang tersembunyi," katanya.

"(Ini) akan diteruskan kepada Presiden Indonesia yang akan menetapkan secara definitif Ketua MA. Mari kita bekerja sama untuk mendukung Ketua MA RI yang baru. Saya juga menyampaikan terima kasih atas segala dukungan elemen MA dan badan peradilan di bawahnya atas kerja sama selama 8 tahun dua bulan. Saya menjalankan amanah sebagai ketua MA RI," tutup Hatta Ali.

 

Reporter: Nur Habibie

Sumber: Merdeka

 

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.