Sukses

Riza Patria Terpilih Jadi Wagub DKI Jakarta Gantikan Sandiaga Uno

Riza Patria terpilih setelah berhasil mengalahkan saingannya Nurmansjah Lubis di voting yang digelar di rapat paripurna DPRD DKI Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta - Penantian panjang warga Jakarta untuk mempunyai wagub baru pengganti Sandiaga Uno, akhirnya terjawab. DPRD DKI Jakarta memutuskan nama Ahmad Riza Patria menjadi wagub terpilih untuk mendampingi Anies Baswedan hingga 2022 mendatang.

Riza Patria dipastikan terpilih usai memenangi voting para anggota DPRD DKI. Calon yang diusung Partai Gerindra ini mengantongi 81 suara. Sedangkan saingannya, Nurmansyah Lubis yang diusung PKS mendapatkan 17 suara. Sisanya 2 suara dianggap tidak sah. Total suara yang perebutkan adalah 100 suara. 

DPRD menyediakan 106 surat suara dan 5 surat suara cadangan untuk pemilihan wagub DKI. Pemilihan dilakukan secara terbuka dan dapat disiarkan melalui YouTube channel milik Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Pukul 10.00 WIB, acara dibuka oleh Ketua Panitia Pemilihan (Panlih) Wagub DKI, Farazandi Fidiansyah, sekaligus membacakan tata tertib pemilihan.

"Surat suara sebanyak 111. 106 untuk jumlah anggota DPRD, 5 surat suara disediakan sebagai cadangan jika ada surat suara yang rusak," ucap Farazandi, Senin (6/4/2020).

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Protap Khusus

Sebagaimana protokol pencegahan penyebaran virus Corona, meja dan kursi untuk anggota ditata untuk satu orang. Terdapat 6 baris meja, yang mana setiap meja hanya untuk satu orang saja.

Susunan kursi pun dibuat secara zig-zag di setiap barisan. Sehingga membuat jarak cukup luas dalam menyikapi anjuran jaga jarak fisik.

Pemilihan ini juga dihadiri oleh Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. Dia mengenakan masker hitam pada rapat paripurna tersebut.

Selain itu, kedua calon Wagub DKI yakni Nurmansjah Lubis dan Ahmad Riza Patria turut hadir.

Saat rapat paripurna dimulai, Ketua Panitia Pemilihan (Panlih) Wagub DKI Farazandi Fidinansyah menyatakan pemilihan wagub tersebut dilakukan secara terbuka.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.