DPR Sesalkan Kapolsek Kembangan Tetap Gelar Resepsi di Tengah Corona

Oleh Nanda Perdana Putra pada 03 Apr 2020, 20:06 WIB
Diperbarui 03 Apr 2020, 20:06 WIB
Resepsi Mewah Mantan Kapolsek Kembangan yang Digelar di Tengah Pandemi Corona COVID-19
Perbesar
Resepsi mantan Kapolsek Kembangan Kompol Fahrul Sudiana yang disemarakkan dengan pedang pora. (dok. Instagram @benusorumba/https://www.instagram.com/p/B-WMXTcFpul/Dinny Mutiah)

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Ketua Komisi III DPR RI Ahmad Sahroni meyesalkan mantan Kapolsek Kembangan Kompol Fahrul Sudiana tetap menggelar resepsi pernikahan di tengah pandemi virus corona atau Covid-19.

"Kalau saya sih fokus sama yang mengadakan acaranya, yaitu Kapolsek Kembangan. Yang bersangkutan jelas melanggar aturan," tutur Sahroni dalam keterangannya, Jumat (3/4/2020).

Sahroni menyoroti langkah nekat Kompol Fahrul yang tetap mengadakan acara yang melibatkan kumpulan massa, meski Kapolri Jenderal Idham Aziz telah mengeluarkan maklumat tegas terkait upaya penanganan Covid-19.

"Saya tidak mau komenin yang dateng. Bagi undangan ya mungkin mereka cuma datang, salaman, foto, terus pulang," jelas dia.

Sahroni mengapresiasi langkah tegas Polri mencopot Kompol Fahrul dari jabatannya sebagai Kapolsek Kembangan. Menurutnya, sudah sepatutnya sanksi itu diberikan.

"Selayaknya memang semua pihak mematuhi aturan ini, karena ini inisiatif aturan yang sangat bagus dari Polri," Sahroni menandaskan.

2 dari 2 halaman

Berawal dari Medsos

Berawal dari Unggahan di InstagramAdalah akun @ri******** mengunggah dua tangkapan layar di twitter pribadinya. Pertama mengenai pemberitaan di salah satu media online tentang resepsi pernikahan di Kampung Jengjing, Kecamatan Cisoka, Kabupaten Tangerang. Resepsi itu dibubarkan untuk mencegah penyebaran virus Corona atau Covid-19. Tampak resepsi digelar di sebuah rumah.

Kedua, mengenai akun instagram @pauull_21 yang membagikan momen bahagia dengan sang kekasih. Dalam foto terlihat, mempelai pria menggenakan seragam kepolisian dan berjalan dalam prosesi Pedang Pora.

Menurut keterangan dari foto, resepsi digelar di sebuah hotel mewah di bilangan Senayan, Jakarta Pusat.

Dalam keterangan, akun @pauull_21 menuliskan kata-kata ucapan terimakasih.

"Alhamdulillah lancar terima kasih untuk Detasemen Akademi Kepolisian Angkatan 38 Setia 2006 @38setia yang telah mengantarkan prosesi pedang pora pernikahan saya. Kalian luar biasa 21.03.2020 #ricafahrullovestory," tulis @pauull_21 seperti dikutip Liputan6.com (1/4/2020).

Dalam unggahan tangkapan layar itu, @ri******** menyisipkan keterangan "Dua tipe polisi saat Covid-19".

Sementara itu, salah satu akun instagram yang merupakan wedding organizer kedua mempelai membagikan sebuah video behind the scene pernikahan @pauull_21 bersama @ricaandriani.

Dalam video berdurasi 0,45 detik itu memperlihatkan potongan-potongan gambar suasana pernikahan. Terlihat Pihak WO sangat memperhatikan kebersihan selama resepsi pernikahan berlangsung.

Tamu undangan memasuki area dalam gedung wajib membersihkan tangan dengan hand sanitizer. Pihak WO yang dilibatkan juga melengkapi diri dengan masker.

Belakangan diketahui, sosok pengatin pria yang mengenakan seragam polisi itu adalah Kapolsek Kembangan, Jakarta Barat Kompol Fahul Hadiana.

Lanjutkan Membaca ↓