Sukses

Kasus Baru Covid 19 Terus Muncul, Jubir Yuri: Penularan Masih Berlangsung

Yuri menyatakan, saat ini dilaporkan sebanyak 300 ribu APD didistribusikan ke seluruh wilayah di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta Juru Bicara Penanganan Corona Covid 19 Achmad Yurianto menyatakan, jumlah kasus baru positif Covid 19 terus bermunculan. Jumlah positif pada Jumat (3/4/2020) bertambah 196 orang, sehingga total pasien positif saat ini adalah 1.986 orang.

Yuri menyatakan, gambaran ini menunjukkan proses penularan masih berlangsung. Karena itu, pertimbangkan bila bepergian sebab tempat aman saat ini di rumah bersama keluarga.

"Pertimbangkan baik-baik. Saran saya tidak usah bepergian, apalagi secara data, hari per hari kasus ini semakin panjang," kata dia, Jumat.

Yuri menyatakan, saat ini dilaporkan sebanyak 300 ribu APD didistribusikan ke seluruh wilayah di Indonesia.  APD untuk tenaga medis sangat penting untuk menangani pasien ternifeksi Covid-19.

"Kita tahu hanya dengan APD yang benar, terstandar maka tenaga kesehatan bisa melaksanakan kegiatannya dengan baik," katanya. 

Yuri merinci daerah yang kembali menerima APD untuk digunakan oleh para tenaga kesehatan yang menangani kasus Covid-19. Di antaranya DKI Jakarta sebanyak 85 ribu unit. Jawa Barat sebanyak 55 ribu unit. Jawa Tengah sebanyak 20 ribu unit.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Akan Terus Disalurkan

Selanjutnya Jawa Timur sebanyak 25 ribu, DI Yogyakarta sebanyak 10 ribu. Selain itu Bali sebanyak 12.500. Dan Banten sebayak 10 ribu. Sementara, itu di luar Pulau Jawa dan Bali menerima 5 ribu unit APD untuk masinh-masing provinsi.

Dia mengatakan, pemerintah akan terus menyalurkan APD ke sejumlah provinsi. Menurut dia, jumlah saat ini belum mencukupi jika dihadapkan pada perkembangan kasus yang terus berjalan.

"Angka ini tentunya bukan angka kita anggap cukup dan kita akan mengirimkan lebih lanjut. Oleh karena itu kami akan senantisa mencari APD," ujar dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.