Sukses

Negatif Corona, 316 WNI ABK MSC Dipulangkan dari Genoa, Italia

Sebanyak 316 Warga Negara Indonesia (WNI) awak Kapal MSC telah tiba di Denpasar pada 30 Maret 2020 lalu, dari Genoa, Italia.

Liputan6.com, Jakarta Sebanyak 316 Warga Negara Indonesia (WNI) awak Kapal MSC telah tiba di Denpasar pada 30 Maret 2020 lalu, dari Genoa, Italia. WNI itu ke Indonesia menggunakan pesawat komersil Qatar Airways.

"Iya (sudah dipulangkan), 316 ABK dari Genoa," kata Plt Jubir Kemenlu Teuku Faizasyah di Jakarta, Jumat (3/4/2020).

Menurut Faizasyah, pemerintah Indonesia telah berkomunikasi dengan otoritas kesehatan Genoa sebelum memulangkan 316 WNI. Komunikasi ini untuk mengetahui status mereka apakah terinfeksi Virus Corona atau Covid-19 atau tidak.

"Sudah (menjalani protokol kesehatan di Italia). Mereka yang positif tidak diijinkan meninggalkan Italia. (Yang pulang) Negatif," katanya.

Lebih lanjut Faizasyah mengakui, muncul informasi tentang 316 WNI itu tidak dikarantina sesampainya di Bali. Ia menegaskan, persoalan karantina para WNI itu setiba di Indonesia, masuk kewenangan Kemenkes.

"Ini porsi kementerian kesehatan. Bukan kami di Kemenlu, walaupun yang lazimnya adalah karantina mandiri," pungkasnya.

Reporter: Ronald

Sumber: Merdeka

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.