Sukses

BPIP Usulkan Pemerintah Buat Bank Pangan Hadapi Dampak Corona

Benny menerangkan, di tengah melandanya wabah ini di butuhkan gagasan kreatif guna mencegah dampak ekonomi yang lebih luas kepada masyarakat.

Liputan6.com, Jakarta - Anggota Badan Pembinaan Ideologi Pancasila atau BPIP, Benny Susetyo mengusulkan adanya bank pangan di setiap RT/RW guna meredam dampak ekonomi imbas menyebarnya Virus Corona atau Covid-19.

"Gerakan solidaritas sosial berbasis komunitas sangat efektif menghadapi kesulitan ekonomi tiap RT dan RW membuat bank pangan yang berbasis RT dan RW," ujar Benny kepada Liputan6.com, Jumat (3/4/2020). 

Benny menerangkan, di tengah melandanya wabah ini di butuhkan gagasan kreatif guna mencegah dampak ekonomi yang lebih luas kepada masyarakat. 

Opsi terbaik adalah dengan saling bergotong royong berbasis komunitas guna menghadapi hal ini.

"Bank pangan memobilisasi kebutuhan pokok masyarakat dan secara kreatif menamam sayuran, cabe, tomat di pekarangan kosong," papar dia. 

Benny menyebut, Bank Pangan juga merupakan gagasan guna menciptakan swasembada pangan di tengah keterpurukan ekonomi saat ini.

"Jaringan sosial bisa dijadikan network untuk  saling berbagi dalam memenuhui kebutuhan pokok," katanya. Langkah ini, menurut Benny juga wujud dari kristalisasi nilai-nilai yang terkandung dalam ideologi negara.

"Kesadaran untuk mewujudkan kesetiakawan dan gotong royong adalah wujud dari aktualisasi nilai Pancasila," tandasnya.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.