Top 3 News: Kondisi Membaik, Ini Pesan Menhub Budi Karya untuk Lawan Corona

Oleh Liputan6.comNanda Perdana PutraMaria Flora pada 03 Apr 2020, 07:15 WIB
Diperbarui 03 Apr 2020, 07:15 WIB
20170108-Menhub Tinjau Proyek LRT Jabodetabek-Jakarta
Perbesar
Menhub Budi Karya Sumadi seusai memantau lokasi pembangunan kereta layang (Light Rail Transit/LRT), rute Cawang-Cibubur di tol Jagorawi Km 13, Jakarta, Minggu (8/1). LRT akan melewati 18 stasiun dengan panjang 42,1 km. (Liputan6.com/Helmi Afandi)

Liputan6.com, Jakarta Top 3 news hari ini, kondisi kesehatan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi terus membaik. Sebelumnya, dia dinyatakan positif Corona dan mendapatkan perawatan intensif dari tim dokter RSPAD Gatot Subroto, Jakarta.

Belum lama ini dalam sebuah video yang beredar ada pesan yang diselipkan Menteri Budi Karya kepada seluruh masyarakat di Tanah Air. Meski masih dibantu dengan alat pernapasan dia mengajak setiap orang untuk melawan Corona Covid-19.

Tak lupa Menhub mengucapkan terima kasih kepada seluruh tim dokter yang terus berada di garis depan untuk merawat pasien yang terpapar virus Corona.

Berita terpopuler kedua hari ini terkait gejala-gejala yang ditimbulkan saat seseorang mulai terpapar virsus Corona atau Covid-19. Demam, batuk kering, kelelahan dan sesak napas, merupakan gejala yang dirasakan saat virus ini mulai menyerang.

Sebuah studi baru juga mengungkapkan, pasien dengan Covid-19 akan mengalami gejala gastrointestinal, terutama diare.

Sementara itu, Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengalihkan hari libur nasional atau Idul Fitri 2020 ke lain hari imbas dari epidemi Corona.

Rencananya, libur Lebaran akan digantikan jelang akhir tahun. Namun, teknisnya kini sedang dihitung. 

Berikut deretan berita terpopuler di kanal News Liputan6.com, sepanjang Kamis, 2 April 2020:

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Dengan Hidung Berselang, Menhub Budi Karya Sampaikan Pesan Lawan Corona

Menteri Perhubungan Budi Karya menyampaikan pesan kepada masyarakat untuk terus melawan Covid-19. (Istimewa)
Perbesar
Menteri Perhubungan Budi Karya menyampaikan pesan kepada masyarakat untuk terus melawan Covid-19. (Istimewa)

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi meminta masyarakat Indonesia tetap semangat bekerjasama demi melawan penyebaran virus corona atau Covid-19. Dia sendiri diketahui positif virus tersebut dan masih menjalani perawatan di rumah sakit.

Berdasarkan rekaman video yang diterima Liputan6.com, Kamis (2/4/2020), Budi Karya tampak merekam sendiri kondisinya. Tampak selang alat bantu pernapasan masih melekat di hidungnya.

"Bismillahirrahmanirrahim, Alhamdulillahirabbil Alamin. Bapak Presiden, terima kasih atas dukungannya," tutur Budi Karya.

Budi Karya mengaku merasakan upaya perawatan yang maksimal dari dokter Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto, Jakarta Pusat.

Dia pun berterima kasih kepada seluruh tim medis yang telah berada di garis depan menangani dan merawat pasien, khususnya yang terinfeksi Covid-19.

 

Selengkapnya...

3 dari 5 halaman

2. 4 Ciri Awal Gejala Corona, Diare hingga Masalah Pernapasan

Liputan 6 default 5
Perbesar
Ilustraasi foto Liputan 6

Virus Corona baru Covid-19 kini telah menginfeksi lebih dari 850 ribu orang di berbagai belahan dunia.

Penyebarannya yang begitu cepat membuat beberapa negara seperti Italia dan Amerika Serikat kini memiliki jumlah korban infeksi Corona Covid-19 yang besar.

Karena virus ini merupakan strain baru, seiring waktu, gejala-gejala untuk mengidentifikasi seseorang apakah ia terpapar virus Corona atau tidak terus dikabarkan.

Namun, baru-baru ini sebuah penelitian telah dilakukan dan melaporkan diare sebagai gejala yang harus diperhatikan sebagai ciri-ciri Corona.

 

Berikut ciri-ciri orang yang terinfeksi virus Corona Covid-19 selengkapnya...

4 dari 5 halaman

3. Jokowi Geser Libur Lebaran Usai Corona, Luhut: Rencananya Pindah Akhir Tahun

Luhut Binsar Panjaitan
Perbesar
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Menteri Koordinator Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menjelaskan jajaran menteri saat ini sedang menghitung terkait rencana Presiden Jokowi mengalihkan hari libur nasional atau Idul Fitri 2020 ke lain hari.

Menggeser libur perayaan Idul Fitri menjadi salah satu opsi agar masyarakat tidak mudik pada Lebaran ini.

Rencananya, libur Lebaran akan digantikan jelang akhir tahun. Namun, teknisnya saat ini dia menjelaskan sedang dihitung secara rinci.

"Nanti mungkin diberikan lebih banyak di akhir tahun atau bagaimana. Sedang dihitung dan dirumuskan teknis," jelas Luhut.

 

Selengkapnya...

5 dari 5 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓