Sukses

Hendi Jalankan Instruksi Megawati Tangani Covid-19 di Semarang

Hendrar Prihadi (Hendi) mengatakan bakal menjalankan instruksi Megawati terkait wabah Covid-19.

Liputan6.com, Jakarta Megawati Soekarnoputri mengeluarkan sejumlah instruksi kepada seluruh kepala daerah di Indonesia yang menjadi kader PDI Perjuangan. Instruksi tersebut disampaikannya melalui sambungan telekonferensi yang dipandu oleh Sekjen PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto, dan juga diikuti oleh sejumlah pengurus pusat partai berlambang banteng itu, diantaranya Puan Maharani, Prananda Prabowo, Juliari P Batubara, dan Eriko Sotarduga.

Dalam kesempatan tersebut sekitar 146 kepala daerah dari seluruh Indonesia terkoneksi untuk mendengarkan secara langsung instruksi Ketua Umum PDI Perjuangan tersebut, termasuk Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi (Hendi).

Megawati Soekarnoputri dalam komunikasi telekonferensinya, tegas meminta kepada para kepala daerah kader PDI Perjuangan di Indonesia untuk fokus bergotong royong memutus mata rantai penyebaran virus corona.

"Kita harus putus mata rantainya, masyarakat perlu dipandu, mereka perlu pemimpinnya ada, jangan diam saja, tapi harus disiplin. Buat jarak 2 meter, selalu memakai masker, dan dimanapun harus selalu mencuci tangan," pesan Presiden Indonesia ke-5 itu. "Kita mesti menjaga diri kita sendiri, tetapi juga sebagai pemimpin kita juga harus memberi contoh kepada orang banyak," tambahnya.

Secara utuh setidaknya ada 7 instruksi Megawati Soekarnoputri yang disampaikan kepada para kadernya. Pertama, untuk seluruh kader PDIP dapat mensosialisasikan Fatwa MUI terkait dengan pemakaman jenazah penderita COVID-19. Kedua, agar seluruh kader Partai di Tiga Pilar Partai terus mencermati perkembangan situasi untuk bergerak cepat melakukan langkah antisipasi. Ketiga, fokus berupaya menghentikan penularan dengan karantina, menjaga jarak sejauh 2 meter, mencuci tangan, menggunakan masker, serta fokus mempersiapkan sistem logistik kebutuhan pokok bagi rakyat miskin.

Selanjutnya yang keempat, Megawati meminta agar seluruh kepala daerah dapat mempelajari dan mendukung program bantuan pengamanan sosial. Kelima, menyiapkan lahan pemamakaman yang secara khusus untuk korban bencana dalam keadaan darurat. Keenam, dirinya meminta agar seluruh kadernya dapat terus mengedepankan kerja gotong royong untuk kemanusiaan. Dan yang terakhir mendorong gerakan menanam terhadap tanaman apapun yang dapat dikonsumsi.

Terkait instruksi Megawati Soekarnoputri, Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi (Hendi) sebagai kader PDI Perjuangan di Ibu Kota Jawa Tengah menegaskan secara utuh memahami pesan yang disampaikan untuk dilaksanakan. "Point - point yang disampaikan oleh Ibu Ketua Umum menjadi guidance yang penting bagi kami. Misalnya terkait sosialisasi pencegahan dan bantuan pengamanan sosial yang hari ini sudah berjalan di Kota Semarang, akan kami tingkatkan lagi," tutur Hendi.

Di sisi lain dalam kaitan menyiapkan area pemakaman korban bencana dalam keadaaan darurat, serta gerakan menanam tanaman untuk dikonsumsi, Wali Kota Semarang tersebut mengungkapkan telah mempersiakan keduanya. "Untuk area pemakaman khusus, Pemerintah Kota Semarang telah menyiapkannya untuk keadaaan darurat di daerah Mijen. Sedangkan terkait gerakan menanam didorong pembagian 10.000 paket jamu rempah cegah Corona, yang kemudian dapat juga dibuat oleh masyarakat secara mandiri," tambahnya.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini