Sukses

Jokowi: RS Darurat Corona di Pulau Galang Mulai Beroperasi Senin Pekan Depan

RS darurat ini mempunyai kapasitas 360 kasur dan ruang isolasi sebanyak 20 ruangan. Selain itu, juga mempunyai 20 ruangan ICU dan 40 non ICU.

Liputan6.com, Jakarta Presiden Jokowi mengatakan Rumah Sakit (RS) Darurat Virus Corona (Covid-19) di Pulau Galang, Kepulauan Riau mulai beroperasi Senin 6 April 2020. Dia mengakui ada keterlambatanan  dalam penyelesaian proyek pembangunan RS ini.

"Ini maksimal Senin sudah bisa dioperasikan. Memang ada keterlambatan 3-4 hari. Karena ada transportasi bahan material yang terkendala karena cuaca," ujar Jokowi usai meninjau pembangunan RS Darurat Corona di Pulau Galang Kepulauan Riau, Rabu (1/4/2020).

Menurut dia, RS ini mempunyai kapasitas 360 kasur dan ruang isolasi sebanyak 20 ruangan. Selain itu, juga mempunyai 20 ruangan ICU dan 40 non ICU.

"Kita harapkan ini enggak dipakai. Tapi kami siapkan. Kita siap. Sejak awal ini dibangun untuk siapkan," kata Jokowi.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kapasitas 1.000 Tempat Tidur

Sebelumnya, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melaporkan, progres konstruksi fasilitas observasi, penampungan dan karantina untuk virus corona (Covid-19) di Pulau Galang, Kepulauan Riau saat ini sekitar 92 persen.

Proyek ini mulanya ditargetkan rampung pada 28 Maret 2020. Namun karena adanya sejumlah kendala, target waktu penyelesaian tempat ini bergeser jadi 5 April 2020.

Rencananya, fasilitas penampungan, karantina dan observasi corona di Pulau Galang akan memiliki kapasitas tampung sebanyak 1.000 tempat tidur.

Pada Tahap I, dibangun dua gedung bertingkat dua dengan kapasitas 340 tempat tidur, yakni 240 tempat tidur untuk Orang Dalam Pengawasan (ODP), dan 100 tempat tidur untuk Pasien Dalam Pengawasan (PDP).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.