Sukses

Lawan Corona Covid-19, Luhut: Indonesia Diuntungkan April Temperatur Tinggi

Meski demikian, hal ini perlu dibarengi dengan social distancing atau physical distancing.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan mengatakan bahwa Indonesia bisa saja diuntungkan pada April ini dalam menghadapi wabah pandemi Corona Covid-19 ini. Menurut dia, dari beberapa hasil penelitian temperatur tinggi membuat virus lemah.

"Sebenarnya Indonesia itu diuntungkan dari hasil penelitian dengan temperatur yang tinggi. April mulai masuk ini, terus kemudian humidity yang tinggi itu membuat Covid-19 itu sebenarnya relatif lebih lemah daripada di tempat lain," ucap Luhut melalui video conference, Selasa (31/3/2020).

Meski demikian, hal ini perlu dibarengi dengan social distancing atau physical distancing.

"Tapi kalau kita social distancing itu tidak juga ketat, terlalu banyak juga masih berkumpul, ramai-ramai, ya enggak berlaku tadi mengenai kita dari panas dan tadi humidity yang tinggi tadi," ungkap Luhut.

Karena itu, masih kata dia, ini harus dicari keseimbangannya. "Nah ini yang harus dicari keseimbangannya, tapi kira-kira nanti terminologinya dicari juga," jelas Luhut.

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tak Ada Lockdown

Dia pun menegaskan, tidak ada istilah lockdown. Yang ada karantina wilayah. "Jadi jangan kita pakai lagi istilah lockdown itu," kata Luhut.

Dirinya menegaskan, tak semua tempat berhasil menerapkan lockdown. "Jadi setiap negara itu mencari model masing-masing yang cocok dengan dia. Jadi kita juga jangan terus buru-buru men-judge, memberikan komentar yang tidak pas," pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.