Sukses

Istana: Jokowi Akan Keluarkan Perpres dan Inpres untuk Atur Mudik di Tengah Wabah Corona

Fadjroel menjelaskan Jokowi meminta pada seluruh elemen tetap fokus pada pencegahan meluasnya Corona dengan mengurangi mobilitas antardaerah.

Liputan6.com, Jakarta Juru Bicara Presiden Joko Widodo atau Jokowi, Fadjroel Rachman menjelaskan mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut akan menyiapkan peraturan presiden (Perpres) dan instruksi presiden (Inpres) untuk mengatur mudik lebaran di tengah wabah Corona.

"Pemerintah menyiapkan Peraturan Presiden (Perpres) dan Instruksi Presiden (Inpres) sebagai dasar hukum pengaturan mudik lebaran Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriyah untuk mencegah persebaran Covid-19," kata Fadjroel dalam pesan singkat, Senin (30/3/2020).

Fadjroel menjelaskan Jokowi meminta pada seluruh elemen tetap fokus pada pencegahan meluasnya Corona dengan mengurangi mobilitas antardaerah. Kebijakan ini adalah untuk memutus mata rantai persebaran virus Corona.

Kemudian, masyarakat juga diminta agar tidak mudik ditengah pandemi. Kepala daerah juga diminta meningkatkan kewaspadaan karena banyak masyarakat yang sudah terlanjur mudik.

"Tetapi tidak melakukan screening secara berlebihan," jelas Fadjroel.

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selamatkan Rakyat

Jokowi juga kata Fadjroel berpesan bahwa keselamatan rakyat adalah hal utama. Sebab itu, pemerintah daerah harus terus selalu waspada.

"Artinya, keselamatan rakyat ialah hukum tertinggi," ungkap Fadjroel.

Reporter: Intan Umbari Prihatin

Sumber: Merdeka

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.