Sukses

Tips untuk Lansia Tetap Produktif saat Jaga Jarak Cegah Penyebaran Corona

Para lansia bisa melakukan banyak hal yang produktif saat masa jaga jarak atau physical distancing.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Aliansi Telemedik Indonesia Pumawan meminta kepada para lansia agar berpikir dan bertindak positif saat melakukan physical distancing atau jaga jarak diam di rumah.

Saat ini, physical distancing sangat penting untuk pencegahan Corona Covid-19 yang rentan tertular oleh para lansia.

"Jadi mungkin kita mesti berpikir positif dan bertindak positif. Memang banyak hoaks, ikuti seluruh startup yang ada dan peraturan pemerintah," kata Pumawan saat siaran teleconferance di Gedung BNPB, Minggu (29/3/2020).

Pumawan yang berusia 77 tahun itu menjelaskan, para lansia bisa melakukan banyak hal yang produktif.

Misalnya, kata dia, bercocok tanam, membuat masker, hingga olahraga. Cara produktif tersebut, menurut Pumawan, bisa membuat imunitas meningkat bagi para lansia.

"Membersihkan rumah, olahraga di rumah. Saya melakukan yoga, pilates, dan plank sepanjang 30 menit. Dan berjemur, berjemur bukan yang pagi jam 10.00-15.00 itu bukan mematikan virus, tapi menambahkan imunitas," ucapnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tetap Berhati-Hati

Pumawan juga meminta kepada kakek dan nenek agar setelah belanja online, selalu dibersihkan terlebih dahulu. Tidak hanya itu, kata dia, setelah memegang uang atau barang lain hendaklah cuci tangan.

"Agar tidak terinfeksi, kedua uang cash, kalau saya uangnya disimpan pakai plastik," kata Pumawan.

Kemudian, lanjut dia, jika berkomunikasi bersama cucu harus berhati-hati. Sebab, kata Pumawan, cucu dengan usia muda rentan menjadi carrier.

"Kalau cucu, cucu itu biasanya tahan tapi jadi carrier. Jadi hati-hati berhubungan dengan cucu. Cuci tangan pakai masker," jelas Pumawan.

 

Reporter : Intan Umbari Prihatin

Sumber : Merdeka

 

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.