Sukses

Wabah Corona Covid-19, Kemendikbud Siarkan Pertunjukan Seni Secara Online

Kemendikbud akan membantu dari segi produksi dan menyiarkan hasilnya melalui akun budayasaya.

Liputan6.com, Jakarta - Seruan Presiden Jokowi Widodo untuk belajar, bekerja, dan beribadah di rumah, disambut oleh para pekerja seni dan pelaku budaya dengan menghadirkan sejumlah kegiatan secara daring (online). Kemendikbud melalui akun youtube 'budayasaya' dari Direktorat Jenderal Kebudayaan, mendukung gerakan tersebut dengan menghadirkan sejumlah karya yang disiarkan langsung (live) maupun rekaman.

"Dengan adanya program ini kita bisa membantu para pekerja seni dan pelaku budaya untuk tetap produktif di tengah masa sulit ini. Para pemirsa pun bisa belajar banyak tentang kekayaan seni dan budaya kita," ungkap Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim, melalui keterangan tertulisnya, Sabtu (28/3/2020).

Nadiem pun menyebut secara khusus mengapresiasi gerakan para pekerja seni dan pelaku budaya ini.

"Ini wujud nyata gotong royong memajukan kebudayaan. Kita tidak tinggal diam menghadapi pandemi Covid-19 ini, tapi justru secara aktif membantu sesama dengan karya kreatif, dengan cara yang juga inovatif. Luar biasa," ujar Nadiem.

Sementara itu, Direktur Jenderal Kebudayaan (Dirjenbud) Hilmar Farid mengatakan, para pekerja seni dan pelaku budaya akan bekerja dari rumah masing-masing, mulai Senin pekan depan (30/03/2020). Selain menghadirkan pertunjukan seni, program ini juga akan mengembangkan kelas pelajaran daring tentang seni tari, seni visual, sampai produksi film.

"Kemendikbud akan membantu dari segi produksi dan menyiarkan hasilnya melalui akun budayasaya. Tapi selanjutnya kita ingin menggandeng lebih banyak komunitas kreatif, lembaga kebudayaan, dan juga siaran televisi, agar jangkauannya lebih luas," ucap Hilmar.

Di samping itu, Hilmar melanjutkan hal ini juga bentuk dukungan khususnya terhadap pekerja seni agar bisa terus berkarya di masa yang sulit.

Informasi mengenai program ini lebih lanjut dapat diikuti melalui akun Ditjen Kebudayaan yakni @budayasaya di berbagai platform media sosial.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Imbauan Kerja dari Rumah

Pemerintah terus berupaya mengambil langkah-langkah menekan sebaran virus Corona atau Covid-19. Salah satunya dengan mengeluarkan kebijakan bagi masyarakat untuk bekerja di rumah.

"Untuk mengatasi penyebaran Covid-19 membuat kebijakan belajar dari rumah bagi pelajar dan mahasiswa, sebagian ASN bisa kerja dari rumah dengan online dan mengutamakan pelayanan prima dari masyakarat," kata Jokowi di Jakarta, Minggu (15/3/2020).

Selain itu, segala kegiatan yang berhubungan dengan masyarakat banyak diminta untuk ditunda, serta meningkatkan pelayanan fasilitas kesehatan seperti rumah sakit umum daerah setempat.  

"Menunda kegiatan yang melibatkan peserta yang banyak orang dan meningkatkan pelayanan pengetesan Covid-19 dan meningkatkan pengobatan dengan menggunakan RSUD dan RS swasta serta lembaga riset dan pendidikan tinggi yang direkomendasikan kementerian kesehatan," ujar Jokowi.

Presiden meminta seluruh rakyat Indonesia tetap tenang dan tidak panik serta tetap produktif.

"Saatnya kita bekerja dari rumah, belajar dari rumah, ibadah di rumah inilah saatnya bekerja bersama-sama saling tolong menolong dan bersatu padu, gotong royong, kita ingin ini menjadi gerakan masyrakat agar masalah Covid-19 ini tertangani dengan maksimal," tegas Jokowi.

 

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.