Sukses

Redam Wabah Corona, DPRD Minta Anies Lockdown Jakarta 2 Pekan ke Depan

Permintaan lockdown ini guna meredam penyebaran Corona Covid-19 di Jakarta yang cukup tinggi.

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan diminta segera mengambil langkah lockdown atau karantina selama 14 hari ke depan. Hal ini guna meredam penyebaran Corona yang menyebabkan Covid-19 di Jakarta yang cukup tinggi.

"Keselamatan rakyat adalah hukum tertinggi. Solus Populi Suprema Lex. Pak gubernur harus segera lockdown Jakarta selama 14 hari saja, dan siapkan formula penanganan warga terdampak lockdown," ujar Ketua Komisi A DPRD Mujiyono, Sabtu (28/3/2020). 

Menurut dia, alokasi yang perlu dikeluarkan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sebesar Rp 3-5 triliun untuk menutup kebutuhan warga terdampak. Alokasi itu bisa diambil dari anggaran kegiatan yang tidak prioritas pada APBD DKI 2020.

"Asupan energi sesuai standar Angka Kecukupan Gizi (AKG) dari Kementerian Kesehatan RI (bila mengambil patokan 2150 kkal). Dengan kata lain, warga mengeluarkan minimal Rp 33.000 per hari untuk makan. Kalau semua warga Jakarta ditanggung selam 14 hari, hitungan saya hanya butuh Rp 5 triliun," katanya.

Dia menambahkan, Anies tidak perlu takut dengan sanksi politik dari pemerintah pusat. Karena Gubernur DKI Jakarta dipilih secara langsung oleh warga Jakarta bukan ditunjuk Presiden. Namun, dia meminta Anies merumuskan formula lockdown yang bisa diterapkan di Jakarta.

"Selama 14 hari lockdown itu, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta harus bisa menjamin kebutuhan warganya. Misalnya dengan mendistribusikan bahan pangan langsung ke setiap rumah seperti yang dilakukan Filipina. Tapi warga wajib berdiam diri di rumah," kata dia.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Yakin Stok Pangan di Jakarta Cukup

Dia meyakini, stok pangan di Jakarta bisa mencukupi hingga usai Hari Raya Idul Fitri. Bahan pangan itu diusulkan dibagikan gratis oleh pemerintah selama masa lockdown. Dia mendorong agar Anies punya sikap tegas demi keselamatan warganya.

"Urusan populis atau tidak populis itu tabrak saja dulu. Karena keselamatan warga Jakarta ini nomor satu. Pemerintah harus memperketat pengawasan untuk memeriksa akses keluar-masuk Jakarta, sebagai upaya pemerintah menghentikan penyebaran wabah ke daerah lainnya," ujarnya.

Namun, Mulyono mengaku tidak menyetujui jika penanganan warga terdampak Corona dibantu dengan dana bantuan langsung tunai atau BLT. Menurutnya, pemberian dana bantuan tunai rawan dikorupsi oleh pihak yang mengambil kesempatan dalam musibah.

 

Reporter: Yunita Amalia 

Sumber: Merdeka

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.