Sukses

Gugus Tugas Pastikan Seluruh Provinsi Terima APD Hari Ini

Seluruh provinsi yang belum mendapatkan APD bagi petugas medis penanganan corona Covid-19 akan dikirimkan pada hari ini.

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah saat ini sedang mendistribusikan alat pelindung diri atau APD untuk petugas media yang menangani pasies corona Covid-19.

Menurut salah satu anggota Gugus Tugas Penanganan Corona Covid-19 PABAN IV/Operasi Dalam Negeri Kolonel INF Aditya Nindra Pasha, seluruh provinsi yang belum mendapatkan APD akan dikirimkan pada hari ini.

"Seluruh provinsi dari beberapa provinsi yang belum terdistribusi atau belum ada APD, saya dapat konfirmasi bahwa hari ini beberapa provinsi tersebut akan ambil atau distribusikan APD yang diperlukan wilayahnya masing-masing," ujar Aditya melalui konferensi pers di Gedung BNPB Jakarta Timur, Jumat (27/3/2020).

Dia menegaskan, untuk prioritas wilayah mana saja yang akan dikirimkan APD, itu merupakan tugas dari Gugus Tugas Daerah Penanganan Corona Covid-19.

"Gugus Tugas Daerah memiliki data tentang spot-spot atau wilayah mana saja yang sangat membutuhkan (APD), sehingga mungkin bagi masyarakat yang ada di daerah bisa komunikasi dari rumah sakit-rumah sakit yang ada di daerah bisa komunikasi ke Gugus Tugas Daerah sehingga bisa dapat alokasi dari APD yang sudah didistribusikan," jelas Aditya.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Siapkan 105 Ribu APD

Sebelumnya, Presiden Jokowi menyatakan, 105 ribu alat pengaman diri (APD) Covid 19 yang tiba di Indonesia, Sabtu 21 Maret lalu, siap distribusikan ke sejumlah rumah sakit di Indonesia untuk penanganan Covid 19.

"Masih banyak keluhan kelangkaan APD. Kita Alhamdulillah, Sabtu kemarin tiba 105 ribu APD dan siap didistribusikan," ujar Jokowi saat meninjau Wisma Atlet Kemayoran, Senin, 23 Maret 2020.

Dari jumlah APD tersebut, 45 ribu akan didistribusikan ke wilayah DKI, Bogor, dan Banten.

Kemudian 40 ribu APD untuk Jabar, Jateng, Jatim dan Bali. 10 untuk luar jawa dan 10 ribu sisanya untuk cadangan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.