Sukses

Jokowi Ikuti KTT G20 dari Istana Bogor Bahas Penanganan Corona

Padahal, Presiden Jokowi baru saja memakamkan sang ibu, Sujiatmi Notomiharjo, di Karanganyar, Jawa Tengah, Kamis siang.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengikuti KTT Luar Biasa G20 secara virtual dari Istana Kepresidenan Bogor, Kamis (26/3/2020). KTT tersebut membahas upaya negara-negara anggota G20 dalam penanganan virus Corona yang menyebabkan Covid-19.

Berdasarkan informasi dari Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden, KTT yang diikuti Jokowi ini digagas Arab Saudi selaku Ketua G20 tahun ini. KTT G20 diawali dengan sambutan pembukaan dari Raja Salman bin Abdulaziz AL Saud pada pukul 15.00 waktu Arab Saudi atau pukul 19.00 WIB.

Sebanyak 20 negara anggota G20, 7 negara undangan, 9 organisasi internasional, dan 2 organisasi regional mengikuti KTT Luar Biasa G20 ini.

Melansir siaran pers Kementerian Luar Negeri, pada pertemuan tersebut, Jokowi akan berdiskusi secara virtual dengan para pemimpin negara anggota G20 dan organisasi internasional terkait di antaranya PBB, WHO, Bank Dunia dan IMF.

“Dengan tujuan untuk membahas tidak saja penanganan krisis pandemik, tetapi juga dampak ekonomi dan sosial yang berpengaruh pada global supply-chain,” dikutip dari rilis tersebut soal Jokowi dan KTT Luar Biasa G20 itu.

Saksikan Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pemimpin Dunia yang Ikut

Adapun Kepala Negara/Kepala Pemerintahan yang mengikuti KTT Luar Biasa G20 ini adalah Presiden Joko Widodo, Presiden Argentina Alberto Fernández, Perdana Menteri (PM) Australia Scott Morrison, Presiden Brazil Jair Bolsonaro, dan PM Kanada Justin Trudeau.

Kemudian, Presiden Republik Rakyat Tiongkok Xi Jinping, Presiden Prancis Emmanuel Macron, Kanselir Jerman Angela Merkel, Perdana Menteri India Narendra Modi, PM Italia Giuseppe Conte, serta PM Jepang Shinzō Abe.

Selain itu, ada pula Presiden Meksiko Andrés Manuel López Obrador, Presiden Rusia Vladimir Putin, Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz Al Saud, Presiden Afrika Selatan Cyril Ramaphosa, Presiden Korea Selatan Moon Jae-in, Presiden Turki Recep Tayyip Erdoğan, PM Inggris Boris Johnson, Presiden Amerika Serikat Donald Trump, hingga Presiden Uni Eropa Charles Michel.

Sementara itu, Jokowi didampingi Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati saat mengikuti KTT Luar Biasa G20 secara virtual ini.

3 dari 3 halaman

Masih Berduka

Presiden Jokowi baru saja memakamkan sang ibu, Sujiatmi Notomiharjo, di Karanganyar, Jawa Tengah, Kamis siang. Sujiatmi meninggal pada pukul 16.45 WIB Rabu 25 Maret 2020 di RST Slamet Riyadi, Solo karena kanker. 

Pemakaman dilakukan tertutup. Hanya keluarga dekat yang dapat mendekat ke makam ibu Jokowi.

"Sakit kanker yang sudah diderita sejak 4 tahun ini," ujar Jokowi di rumah duka, Sumber, Surakarta, Rabu.

Menurut Jokowi, berbagai pengobatan sudah dilakukan. Terakhir, Sujiatmi menjalani pengobatan di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto, Jakarta.

Jokowi pun berterima kasih kepada masyarakat atas ucapan belasungkawa dan doa untuk sang ibu, Sujiatmi Notomiharjo. Jokowi meminta agar masyarakat mendoakan ibunda dari rumah masing-masing.

Kamis sore, Jokowi langsung menuju Jakarta dan meluncur ke Istana Bogor untuk mengikuti KTT Luar Biasa G20 secara virtual.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.