Potret Jokowi Antarkan Jenazah Sang Ibu ke Liang Lahat

Oleh Lizsa Egeham pada 26 Mar 2020, 16:49 WIB
Diperbarui 26 Mar 2020, 16:50 WIB
Presiden Jokowi mengantarkan sang ibu ke peristirahatan terakhir

Liputan6.com, Jakarta - Ibu Presiden Joko Widodo atau Jokowi, Sujiatmi Notomihardjo telah dimakamkan di pemakaman keluarga di Mundu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, Kamis (26/3/2020). Sujiatmi dimakamkan tepat di samping liang lahat sang suami, Widjiatno Notomihardjo.

Jokowi turut mengantarkan kepergian sang ibu ke tempat peristirahatan terakhir. Bahkan, mantan Gubernur DKI Jakarta itu ikut turun ke liang lahat sang ibu.

"Wah, bapak sendiri yang turun," ucap Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) Mayjen Maruli Simanjuntak dikonfirmasi Liputan6.com, Kamis (26/3/2020).

Berdasarkan foto yang dibagikan Menteri BUMN Erick Thohir kepada wartawan, Jokowi terlihat masuk ke makam ibundanya. Pada foto lainnya, dia tampak memasukkan tanah ke makam Sang Ibunda dengan menggunakan cangkul.

Kemeja putih yang dikenakan mantan Wali Kota Solo itu pun terkena tanah. Usai memakamkan, Jokowi beserta keluarga berdoa di depan pusara Ibundanya. Hal itu terlihat dalam sebuah foto yang dibagikan oleh Fotografer Kepresidenan Agus Suparto.

Setelah prosesi pemakaman, mantan Gubernur DKI Jakarta itu langsung meninggalkan area pemakaman bersama putra sulungnya, Gibran Rakabuming Raka. Jokowi hanya melambaikan tangan ke arah awak media.

 

2 dari 3 halaman

Jokowi pula yang menutup liang lahat sang ibu dengan tanah

Presiden Jokowi mengantarkan sang ibu ke peristirahatan terakhir, Kamis (26/3/2020). (dok Erick Thohir)
Presiden Jokowi tengah menutup liang lahat sang ibu, Kamis (26/3/2020). (dok Erick Thohir)

Jokowi direncanakan ke Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat pada hari ini. Dia diagendakan mengikuti Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G-20 secara virtual, Kamis pukul 19.00 WIB. Konferensi itu akan membahas tentang isu pandemi virus corona (Covid-19).

"Rencananya Presiden akan tetap hadir dan menyampaikan pandangannya dari Istana Bogor," kata Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

Seperti diketahui, Ibunda Presiden Jokowi, Sujiatmi Notomihardjo tutup usia pada Rabu 25 Maret 2020 pukul 16.45 WIB di RST Slamet Riyadi, Solo. Sujiatmi menghembuskan napas terakhir di usia 77 tahun karena sakit kanker yang telah diderita selama empat tahun terakhir.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓