Positif Corona Terus Meningkat, DPRD DKI: Jakarta Sangat Butuh Wagub Saat Ini

Oleh Liputan6.com pada 26 Mar 2020, 09:11 WIB
Diperbarui 26 Mar 2020, 09:44 WIB
DPRD Sahkan Tatib Pemilihan Wagub DKI Jakarta

Liputan6.com, Jakarta - DPRD DKI Jakarta akan menggelar pemilihan Wagub DKI pendamping Gubernur Anies Baswedan pekan ini. Wakil Ketua DPRD DKI Fraksi PAN Zita Anjani menyebut, bahwa tugas negara harus dijalankan meski dibayangi bahaya virus Covid-19.

"Kami bukan mau pesta, kondangan atau gelar konser. Ini pemilihan untuk wakil Pak Anies. Terlebih lagi, kami mengorbankan keselamatan demi tugas yang sudah diamanatkan dalam UU. Kalau tugas negara, harus siap," kata Zita lewat pesan kepada merdeka.com, Kamis (26/3/2020).

Zita menyadari bahwa saat ini DPRD dihadapkan dengan pilihan sulit. Sebab, di satu sisi para anggota dewan adalah warga biasa yang punya anak, suami, istri, dan keluarga dirumah.

"Kami keluar rumah terancam pasti, kena virus Covid-19," ucapnya.

Di sisi lain, angka positif Covid-19 di Indonesia terus meningkat dan belum ada kecenderungan turun. Pandemi corona juga belum diketahui sampai kapan. Apalagi, sejumlah kepala daerah sudah terpapar corona dan di karantina.

"Kita gak tau apa yang terjadi kedepan, bisa saja saya kena, Pak Ketua DPRD atau Pak Gubernur. Siapapun beresiko," kata Zita.

2 dari 3 halaman

Pemerintahan Harus Terus Jalan

"Tapi warga Jakarta tidak boleh beresiko. Itu prinsip saya. Pemerintahan harus jalan. Pak gubernur perlu wakil, terlebih lagi saat ini! Lebih dibutuhkan lagi," ucapnya.

Zita menegaskan, bahwa hari ini DRPD DKI akan menggelar Badan Musyawarah terkait pemilihan Wagub. Dia tidak ingin pemilihan Wagub terus ditunda.

"(hari ini) kami akan Bamus. PAN kompak Insya Allah mendukung proses ini diadakan secepat-cepatnya. Kalau memang pada akhirnya harus memilih, buat apa tunda-tunda," tandas putri Ketum PAN Zulkifli Hasan itu. 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓