Sukses

Top 3 News: Ibunda Jokowi Meninggal Dunia dalam Usia 77 Tahun

Top 3 news hari ini, Ibunda Jokowi meninggal dunia karena mengidap penyakit kanker yang dideritanya selama 4 tahun terakhir.

Liputan6.com, Jakarta Top 3 news hari ini, Sujiatmi Notomiharjo, ibunda Presiden Joko Widodo atau Jokowi tutup usia dalam usia 77 tahuh di Rumah Sakit Slamet Riyadi, Surakarta, Rabu, 25 Maret 2020.

Ibunda Jokowi meninggal dunia karena mengidap penyakit kanker yang dideritanya selama 4 tahun terakhir. Almarhum belakangan diketahui sempat menjalani pengobatan di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta. 

Rencananya jenazah ibu Jokowi akan dimakamkan di pemakaman keluarga di Mundu, Kabupaten Karanganyar, siang ini, Rabu (26/3/2020), pukul 13.00 WIB. Jasadnya akan disandingkan dengan almarhum Widjiatno Notomiharjo, ayah Presiden Jokowi.

Berita Jokowi yang langsung terbang ke Solo begitu dikabarkan sang ibu meninggal juga banyak menyit perhatian pembaca Liputan6.com. Mantan Wali Kota Solo ini nampak didampingi putra sulungnya, Gibran Rakabuming Raka dan adik-adik dari Jokowi. 

Hingga sampai di rumah duka, Ibu Negara Iriana, Kaesang Pangarep dan Kahiyang Ayu belum juga terlihat. 

Ibunda Presiden wafat di Solo, pada pukul 16.45 WIB. Adalah Juru Bicara Presiden, Fadjroel Rachman yang membenarkan berita duka tersebut. Dia memohon agar masyarakat mendoakan ibunda Jokowi semoga almarhumah husnul khotima. 

Berikut deretan berita terpopuler di kanal News Liputan6.com, sepanjang Rabu, 25 Maret 2020:

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Ibunda Presiden Jokowi Tutup Usia di Solo

Inna lillahi wa inna ilaihi raji'un, kabar duka datang dari keluarga Presiden Joko Widodo atau Jokowi. Ibunda presiden, Sujiatmi Notomiharjo, tutup usia.

Kabar duka tersebut tersebar cepat melalui pesan berantai grup di aplikasi obrolan.

"Eyang Notomiharjo, Ibunda Bapak Presiden wafat di Solo pukul 16.45 WIB tadi. Mohon doanya semoga almarhumah husnul khotimah," bunyi pesan tersebut seperti dikutip Liputan6.com, Rabu (25/3/2020).

 Sekretaris Kabinet Pramono Anung melalui sambungan telepon membenarkan kabar duka tersebut.

Ibunda Jokowi wafat di usia 77 tahun. Almarhumah adalah istri dari almarhum Widjiatno Notomihardjo, seorang pedagang kayu dari Solo. Sujiatmi adalah anak dari pasangan Wirorejo dan Sani, yang juga pedagang kayu dari Kelurahan Giriroto, Ngemplak, Boyolali, Jawa Tengah.

Dari pernikahan keduanya, Sujiatmi dan Widjiatno, dikaruniai empat orang anak. Mereka adalah Joko Widodo, Iit Sriyantini, Titik Relawati, Ida Yati.

 

Selengkapnya...

3 dari 4 halaman

2. Di Rumah Duka Ibunda, Jokowi Hanya Ditemani Adik-Adiknya dan Gibran

Presiden Jokowi menyampaikan langsung kabar tersebut pada Rabu malam, 25 Maret kemarin.

Jokowi tampak ditemani oleh adik-adiknya, pakdenya dan putra sulungnya Gibran Raka Buming Raka di depan jenazah sang Ibunda. Sementara Ibu Negara Iriana, Kaesang Pangarep dan Kahiyang Ayu belum tampak.

Jokowi mengatakan, sang ibunda meninggal lantaran sakit kanker yang sudah dideritanya lama.

"Sakit kanker yang sudah diderita sejak 4 tahun ini," ujar Jokowi di rumah duka, Sumber, Surakarta, Rabu.

 

Selengkapnya...

4 dari 4 halaman

3. Ibu Jokowi Sempat Berobat ke RSPAD untuk Sembuh dari Kanker

Presiden Jokowi mengungkap, sang ibu, Sujiatmi Notomiharjo, meninggal karena sakit kanker. Jokowi menyebut, sejumlah upaya sudah dilakukan agar sang bunda sembuh.

Salah satunya berobat ke Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat Gatot Subroto, Jakarta.

"Sempat ditangani di RSPAD, tapi ternyata Allah lebih berkehendak," ujar Jokowi, di rumah duka, Sumber, Surakarta, Rabu (25/3/2020) malam.

Jokowi mengatakan, sang ibunda meninggal lantaran sakit kanker yang sudah dideritanya lama.

"Sakit kanker yang sudah diderita sejak 4 tahun ini," ujar Jokowi di rumah duka, Sumber, Surakarta, Rabu.

 

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.