Jokowi Tetap Terapkan Protokol Corona, Meski Tengah Berduka

Oleh Fajar Abrori pada 25 Mar 2020, 21:24 WIB
Diperbarui 25 Mar 2020, 21:25 WIB
Petugas kesehatan yang bersiaga di rumah duka ibu Jokowi, Solo

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo atau Jokowi tengah berduka lantaran sang ibu, Sujiatmi Notomiharjo, meninggal dunia, Rabu (25/3/2020). Duka menghantamnya di tengah tugas berat mengatasi wabah penyebaran virus Corona di Indonesia.

Namun, duka tak membuatnya abai. Dia tetap menerapkan protokol pencegahan penyebaran penyakit Covid-19. Salah satunya menjaga social distancing.

Pertama, Jokowimeminta menteri dan masyarakat tidak berbondong-bondong ke rumah duka. Dia meminta masyarakat mendoakan sang ibu dari rumah masing-masing.

"Kami tidak diminta melayat ke Solo, kami hanya diminta berdoa dari Jakarta saja," kata Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki.

Tak hanya itu, ketika berbicara di depan wartawan, jurnalis yang hadir diminta untuk saling menjaga jarak. Paspamres langsung mengingatkan jika ada wartawan yang tidak menjaga jarak.

Selain itu, setiap pelayat diminta membersihkan tangan menggunakan hand sanitizer. Disinfection chamber juga disediakan rumah duka.

 

Masker pun diberikan kepada setiap tamu yang melayat ibu Jokowi. Petugas kesehatan pun bersiaga di lokasi.

2 dari 3 halaman

Sakit Kanker

Ibunda Jokowi Dapat Penghargaan Perempuan Tangguh
Ibunda Presiden Joko Widodo, Sudjiatmi Notomiharjo (kiri) saat menghadiri gelaran penghargaan Perempuan Tangguh Award 2018 di Rumah Pertiwi, Jakarta, Sabtu (22/12). Sudjiatmi menerima Perempuan Tangguh Award 2018. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Sebelumnya, ibu Presiden Jokowi, Sujiatmi Notomiharjo, meninggal dunia. Jokowi menyampaikan langsung kabar tersebut pada Rabu (25/3/2020) malam.

Jokowi mengatakan, sang ibunda meninggal lantaran sakit kanker yang sudah dideritanya lama.

"Sakit kanker yang sudah diderita sejak 4 tahun ini," ujar Jokowi di rumah duka, Sumber, Surakarta, Rabu.

Menurut dia, berbagai pengobatan sudah dilakukan. Terakhir, Sujiatmi menjalani pengobatan di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat Gatot Subroto, Jakarta.

"Ternyata Allah berkehendak lain," lanjut Jokowi.

Jokowi menyampaikan kabar itu didampingi kakak Sujiatmi, Miyono. Adik-adik Jokowi juga turut hadir. Jokowi yang mengenakan kemeja putih dan sarung kotak-kotak itu pun didampingi putra pertamanya, Gibran Rakabumingraka.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓