Sukses

Ibunda Presiden Jokowi Tutup Usia di Solo

Inna lillahi wa inna ilaihi raji'un, kabar duka datang dari keluarga Presiden Joko Widodo atau Jokowi. Ibunda presiden, Noto Sujiatmiko, tutup usia.

Liputan6.com, Jakarta Inna lillahi wa inna ilaihi raji'un, kabar duka datang dari keluarga Presiden Joko Widodo atau Jokowi. Ibunda presiden, Sujiatmi Notomiharjo, tutup usia.

Kabar duka tersebut tersebar cepat melalui pesan berantai grup di aplikasi obrolan.

"Eyang Notomiharjo, Ibunda Bapak Presiden wafat di Solo pukul 16.45 WIB tadi. Mohon doanya semoga almarhumah husnul khotimah," bunyi pesan tersebut seperti dikutip Liputan6.com, Rabu (25/3/2020).

 Sekretaris Kabinet Pramono Anung melalui sambungan telepon membenarkan kabar duka tersebut.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Jubir Presiden Membenarkan

Juru Bicara Presiden, Fadjroel Rachman membenarkan hal tersebut.

"Saya mendapatkan berita dari Mensesneg Pratikno Berita Duka Innalillahi wa innaillaihi rojiun Eyang Notomiharjo, Ibunda Bapak Presiden wafat di Solo pkl 16.45 tadi," kata dia saat dikonfirmasi, Jakarta, Rabu.

Dia pun meminta masyarakat untuk ikut mendoakan arwah ibunda Jokowi. "Mohon doanya semoga almarhumah husnul khotimah," tulis Fadjroel.

Saat ini, jenazah ibunda Jokowi sedang berada di Rumah Sakit Slamet Riyadi, Surakarta.

3 dari 5 halaman

Jokowi Terbang ke Solo

Presiden Joko Widodo (Jokowi) langsung terbang menuju Solo usai sang Ibunda dikabarkan meninggal dunia hari ini, Rabu (25/3/2020). 

"Presiden dalam penerbangan menuju Solo saat ini," kata Deputi Bidang Protokol Media dan Informasi Sekretariat Presiden, Bey Mahmudin kepada Liputan6.dom di Jakarta.

4 dari 5 halaman

Perempuan Desa yang Bersahaja

Ibunda Jokowi wafat di usia 77 tahun. Almarhumah adalah istri dari almarhum Widjiatno Notomihardjo, seorang pedagang kayu dari Solo. Sujiatmi adalah anak dari pasangan Wirorejo dan Sani, yang juga pedagang kayu dari Kelurahan Giriroto, Ngemplak, Boyolali, Jawa Tengah.

Dari pernikahan keduanya, Sujiatmi dan Widjiatno, dikaruniai empat orang anak. Mereka adalah Joko Widodo, Iit Sriyantini, Titik Relawati, Ida Yati.

Dalam wawancara bersama Tim Majalah Sahabat Keluarga yang dikelola Kementerian dan Kebudayaan yang diterbitkan 27 Desember 206, tertulis bahwa Sujiatmi adalah tiga bersaudara dan almarhumah adalah satu-satunya perempuan dalam kakak-beradik

"Meski ia satu-satunya anak perempuan, orangtuanya tak membeda-bedakan perlakuannya terhadap anak-anak mereka. Saat kakak lelakinya bersekolah di SD Kismoyo, sekitar 5 kilometer dari rumah, Sujiatmi juga disekolahkan," tulis Sahabat Keluarga dalam artikelnya tersebut.

"Kala itu, Sujiatmi kecil adalah satu-satunya siswa perempuan. Teman-temannya di sekolah berasal dari tiga kampung di sekitar sekolah. Jarak yang terbilang jauh itu ditempuh Sujiatmi dengan berjalan kaki, tapi tak jarang juga dengan bersepeda," tulis artikel tersebut.

5 dari 5 halaman

Presiden Tiba di Solo

Tak lama, pukul 17.52 WIB, Jokowi tiba di Solo.

"Saat ini Presiden Jokowi telah tiba di Solo pada pukul 17.52 WIB," info Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden, Jakarta, Rabu (25/3/2020).

Sebelumnya, Juru Bicara Presiden, Fadjroel Rachman membenarkan tentang kabar meninggalnya ibu Jokowi tersebut.

Dia pun meminta masyarakat untuk ikut mendoakan arwah ibu Jokowi. "Mohon doanya semoga almarhumah husnul khotimah," tulis Fadjroel.

Saat ini, jenazah ibu Jokowi sedang berada di Rumah Sakit Slamet Riyadi, Surakarta.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.