Sukses

INFOGRAFIS: Cara Mudah Pahami Penyebaran Corona Covid-19

Social distancing sangat penting untuk menekan penyebaran virus corona Covid-19. Namun, menjaga jarak, menghindari kontak fisik hingga menjauhi kerumunan orang, banyak dilanggar.

Liputan6.com, Jakarta - Penyebaran virus corona jenis baru atau SARS-CoV-2 penyebab penyakit Covid-19 semakin mengkhawatirkan. Jumlah penderita yang positif terinfeksi di seluruh dunia, bahkan telah melampaui angka 330 ribu.

Secara global, hingga Selasa 24 Maret 2020, angka kematian akibat virus corona Covid-19 telah menembus lebih dari 14 ribu jiwa. Lockdown atau karantina wilayah dan social distancing atau menjaga jarak sosial menjadi pilihan menekan penyebaran pandemi global tersebut.

Sebagian besar negara termasuk Indonesia menerapkan social distancing yang kini oleh Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO disebut physical distancing atau jarak fisik. Namun, ternyata menjaga jarak, menghindari kontak fisik,  hingga menjauhi kerumunan orang, banyak dilanggar.

Sebagian orang mengabaikan imbauan bekerja, belajar, dan beribadah dari rumah, termasuk isolasi diri bagi yang tidak sehat. Padahal, banyak kasus di beberapa negara, orang yang merasa sehat atau tanpa gejala awal, belum tentu tak terpapar corona Covid-19.

Tanpa disadari mereka justru menyebarkan virus ke orang lain yang ditemuinya. Alhasil, rantai penyebaran corona Covid-19 semakin berlipat ganda. Simak selengkapnya dalam Infografis berikut ini:

Video Pilihan

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Infografis

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.