Sukses

Bupati Karawang Positif Corona, Demokrat Minta Peserta Kongres Isolasi Diri

Ferdinand juga meminta jika ada anggota yang merasa memiliki gejala Corona atau Covid-19, maka bisa memeriksakan diri ke fasilitas kesehatan yang ada.

Liputan6.com, Jakarta - Bupati Karawang Cellica Nurachadiana dinyatakan positif terinfeksi virus Corona (Covid-19) setelah menjalani tes mandiri. Dalam sebuah foto diketahui, Cellica turut hadir dalam acara Kongres Partai Demokrat yang digelar pada 14 hingga 16 Maret 2020.

Merespons hal itu, Ketua Divisi Advokasi dan Bantuan Hukum Demisioner DPP Partai Demokrat Ferdinand Hutahaean mengatakan, partainya mengimbau agar mereka yang hadir dalam kongres tersebut bisa melakukan isolasi diri selama 14 hari.

"Kami dari DPP meminta untuk mengisolasi diri secara mandiri, menjaga kesehatan dan mengonsumsi vitamin. Dan itu yang bisa kita lakukan sekarang," kata Ferdinand kala dihubungi Liputan6.com, Rabu (25/3/2020).

Ferdinand juga meminta jika ada anggota yang merasa memiliki gejala Corona atau Covid-19, maka bisa memeriksakan diri ke fasilitas kesehatan yang ada.

Sebelumnya beberapa kader Demokrat, kata Ferdinand, telah melakukan pengecekan Covid-19 secara mandiri.

Misalnya seperti Ketua DPD Partai Demokrat Jawa Tengah Rinto Subekti yang saat itu duduk bersebelahan dengan Bupati Karawang saat memimpin kongres lalu.

"Itu negatif hasilnya, tapi itu kan masih sementara. Karena rapid test ini harus dua kali kata dokter," ucap Ferdinand.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Belum ada yang mengeluhkan gejala terinfeksi virus Corona

Ferdinand menegaskan, sampai saat ini mereka yang menghadiri kongres kemarin belum ada yang mengeluhkan gejala terinfeksi virus Corona.

"Belum ada satu pun peserta kongres yang terindikasi terkena Covid-19, jadi itu membangun opini kami bahwa kongres yang digelar menggunakan standar kesehatan Coron WHO ya akan bersih lah," ia menyakini.

Ferdinand memastikan, pihaknya belum ada rencana pemeriksaan kadar partai secara massal. Sementara untuk keluarga Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Ferdinand mengatakan kemungkinan mereka akan melakukan tes secara mandiri.

"Karena memang kemarin juga Mbak Annisa kan berdekatan juga dengan Teh Celli, jadi kemungkinan akan melakukan tes mandiri. Itu pasti lah," tandasnya.

Bupati Karawang Cellica Nurachadiana dinyatakan positif corona Covid-19, setelah menjalani tes mandiri. Bupati Cellica menjadi kepala daerah ketiga di Jawa Barat yang terpapar Covid-19 setelah sebelumnya Wali Kota Bogor Bima Arya dan Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana diumumkan positif virus tersebut.

Cellica diketahui telah mengisolasi diri dan melakukan tes corona Covid-19 yang dilakukan Pemerintah Provinsi Jabar setelah sempat berinteraksi dengan Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana dalam acara Musyawarah (Musda) HIPMI Jawa Barat di Karawang, 9 Maret 2020 lalu.

"Ada satu lagi hasilnya positif yaitu Bupati Karawang, Ibu Cellica. Ibu Cellica tadi sudah memberikan informasi.. Jadi di Jawa Barat sudah ada tiga positif yaitu Wali Kota Bogor, Wakil Wali Kota Bandung dan, Bupati Karawang," kata Gubernur Jabar Ridwan Kamil saat siaran langsung di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Selasa (24/3/2020).

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.