Belum Ada Pasien Covid-19 di RSPI Sulianti Saroso Dipindah ke Wisma Atlet

Oleh Liputan6.com pada 25 Mar 2020, 01:15 WIB
Diperbarui 25 Mar 2020, 01:15 WIB
Kedatangan Pasien Positif Corona, Begini Suasana RSPI Sulianti Saroso

Liputan6.com, Jakarta - Rumah Sakit Penyakit Infeksi (RSPI) Prof dr Sulianti Saroso, Sunter, Jakarta Utara hingga kini telah merawat 77 pasien terkait Virus Corona atau Covid-19. Hal ini disampaikan oleh Dirut RSPI Mohammad Syahril.

"Pasien yang dirawat di RSPI sejak awal Januari sampai 24 Maret ini berjumlah 77 orang dengan rincian 44 Pasien Dalam Pengawasan (PDP), 26 pasien confirm (positif), dan meninggal 7 orang," ujar Syahril, di Jakarta, Selasa (24/3/2020).

Syahril mengatakan, jumlah yang telah mendatangi Posko Pemantauan atau Orang Dalam Pemantauan (ODP) di RSPI hingga pada Senin (23/3/2020) mencapai 2.017 orang. Jumlah ini didapatkan sejak awal Januari lalu.

"Total pasien ODP yang telah dilayani sampai tanggal 24 Maret sejak Januari yang lalu berjumlah 2.017 orang," ujarnya.

Syahril menyampaikan, RSPI telah memperluas ruang isolasi untuk pasien Corona. Saat ini ruang isolasi di rumah sakit tersebut bisa menampung hingga 30 pasien.

"Untuk di RSPI ini sudah ada perluasan ruangan isolasi, dari 11 saat ini kita sudah bisa memakai sampai 30 tempat tidur," kata Syahril.

Kata Syahril, hingga kini pihaknya merawat sebanyak 25 pasien di ruang isolasi. Dari total tersebut, satu orang meninggal dunia.

"Saat ini sedang dirawat pasien di RSPI sejumlah 25 orang. Kemudian kemarin PDP meninggal 1 orang. Ada tambahan 4 PDP sehingga total pasien saat ini yang sedang dirawat sebanyak 25 orang," jelasnya.

2 dari 3 halaman

Belum Ada yang Dipindahkan ke Wisma Atlet

Terkait jumlah itu, Syahril mengaku belum ada pasien positif di RSPI yang dipindahkan. Dia mengatakan, pihaknya sudah memiliki kesepakatan dengan RS Darurat Penanganan Covid-19 tersebut bahwa pasien dengan gejala ringan hingga sedang di RSPI akan dirujuk ke sana.

"Sampai saat ini belum ada (pasien yang dipindahkan ke RS Darurat Penanganan Covid-19). Memang kita sudah mempunyai suatu SOP kesepakatan apabila nanti ditemukan pasien yang ringan sampai sedang kita akan rujuk ke RS Darurat Penanganan Covid-19 Wisma Atlet Kemayoran," bebernya.

"Dan sebaliknya dari Wisma Atlet Kemayoran apabila ada pasien yang (kondisinya atau dengan gejala) berat dapat dikirim ke RSPI Sulianti Saroso," pungkas Syahril.

Reporter: Ronald

Sumber: Merdeka

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓