Sukses

Imbas Corona, Jokowi Beri Bantuan Cicilan Kredit Rumah Subsidi

Jokowi menyadari bahwa pandemi virus corona (Covid-19) berdampak kepada perekonomian masyarakat.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi memberikan bantuan kepada masyarakat berpenghasilan rendah yang tengah melakukan kredit kepemilikan rumah bersubsidi. Jokowi menyadari bahwa pandemi virus corona (Covid-19) berdampak kepada perekonomian masyarakat.

"Kepada masyarakat perpenghasilan rendah yang sedang melakukan kredit kepemilikan rumah bersubsidi, pemerintah juga memberikan dua stimulus. Pertama, pemerintah memberilan subsidi selisih bunga selama 10 tahun," kata Jokowi saat video conference dari Istana Merdeka Jakarta, Selasa (24/3/2020).

"Jika bunga di atas 5 persen maka selisih bunganya akan dibayar pemerintah," sambung dia.

Selain itu, Jokowi juga memberikan subsidi berupa bantuan uang muka bagi masyarakat yang mengambil kredit rumah bersubsidi. Kendati begitu, dia tak menyebut besaran bantuan yang diberikan pemerintah.

"Anggaran yang disiapkan Rp 1,5 triliun," ujar dia.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengatakan kebijakan physical distancing atau menjaga jarak memamg berdampak terhadap perekonomian masyarakat. Namun, hal itu harus dilakukan demi mencegah penyebaran virus corona.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jamin Ketersediaan Bahan Pokok

Untuk itu, Jokowi meminta kepada jajaran menteri dan kepala daerah untuk menjamin ketersediaan bahan pokok dan mempertahankan daya beli masyarakat. Khususnya, masyarakat menegah ke bawah.

"Kita harus membantu para buruh, membantu para pekerja harian, membantu para petani, membantu para nelayan, membantu para pelaku usaha mikro dan kecil agar daya belinya tetap terjaga, agar terus beraktivitas dan berproduksi," jelas Jokowi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Penyebaran Covid-19 ke seluruh penjuru dunia diawali dengan dilaporkannya virus itu pada 31 Desember 2019 di Wuhan, China

    COVID-19

  • Virus Corona adalah virus yang menyerang sistem pernapasan.

    Corona

  • virus corona