Sukses

Gempa Hari Ini Getarkan Maluku dan Lombok Utara

Gempa hari ini terjadi di Kecamatan Kairatu, Provinsi Maluku, dan Kabupaten Lombok Utara, NTB.

Liputan6.com, Jakarta Gempa kembali mengguncang dua wilayah Indonesia hari ini, Selasa (24/3/2020). Hingga pukul 20.00 WIB, lindu terjadi di Kecamatan Kairatu, Provinsi Maluku, dan Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Timur (NTB).

Maluku digoyang gempa pada pukul 09:30:09 WIB dengan kekuatan magnitudo 2,9. Saat gempa terjadi, getarannya terasa hingga Kairatu dalam skala II MMI (Modified Mercalli Intensity).

Lain halnya dengan Lombok Utara. Saat gempa magnitudo 4,3 getarkan wilayah ini, getarannya dirasakan ke sejumlah wilayah. Di antaranya Lombok Utara, Lombok Timur, Mataram, dan Lombok Barat dalam skala III MMI. 

Sementara, pusat gempa dilaporkan berada di laut atau sekitar 16 km timur laut Lombok Utara. 

Hingga berita ini diturunkan, belum ada informasi resmi dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) terkait kerusakan bangunan yang ditimbulkan. 

Berikut info gempa hari ini selengkapnya yang dihimpun dari laman resmi BMKG:

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Gempa Lombok Utara

Lewat laman resminya BMKG mengungkap, bahwa gempa hari ini yang menggoyang Lombok Utara terjadi pada Senin pagi, pukul 05:29:13 WIB. 

Lokasi lindu terletak pada koordinat 8,21 Lintang Selatan (LS) dan 116,2 Bujur Timur (BT). Atau sekitar 16 km timur laut Lombok Utara.

Sementara, pusat gempa berada di laut, tepatnya berada pada kedalaman 16 kilometer dengan kekuatan magnitudo 4,3. 

3 dari 3 halaman

Gempa Kairatu Maluku

Sementara, gempa magnitudo 2,9 yang getarkan Kecamatan Kairatu terjadi pada pukul 09:30:09 WIB.

Dengan lindu berpusat di laut atau sekitar 12 km selatan Kairatu-Seram Bagia Barat (SBB).

Ada pun lokasi gempa, dilaporkan BMKG terletak pada koordinat titik 3,44 LS dan 128,39 BT dengan kedalaman 10 kilometer.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Gempa adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan pada kulit bumi secara tiba‐tiba.

    Gempa

  • Gempa atau gempa bumi (earthquake) adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan.
    Gempa atau gempa bumi (earthquake) adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan.

    Gempa Hari Ini

  • BMKG adalah singkatan dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika yang berstatus Lembaga Pemerintah Non Departemen (LPN).

    BMKG

  • Gempa Maluku

  • Gempa Lombok Utara