Sukses

Cara Mendagri Tito Tetap Bekerja di Tengah Bencana Corona Covid-19

Tito berharap, cara sederhana mencegah penyebaran virus corona dengan menjaga jarak dan kebersihan ini diikuti semua pihak.

Liputan6.com, Jakarta - Banyak pihak sudah mulai melakukan sterilisasi badan dengan semprotan disinfektan, khususnya di sekitar baju dan sepatu, mengenakan masker penutup mulut, dan menjaga jarak agar kontak fisik antartubuh manusia atau dengan medium yang berpotensi dihinggapi virus corona Covid-19 tidak terjadi.

Anjuran sederhana namun penting ini merupakan protokol dasar pencegahan penularan Covid-19 yang diperintahkan WHO (World Health Organization). Protokol ini juga telah diadopsi sebagai panduan oleh Gugus Tugas Penanggulangan Covid-19 Indonesia.

Karenanya, sejak Senin (23/3/2020) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) yang dipimpin oleh Tito Karnavian mulai menerapkan protokol tersebut di lingkungan lembaganya. Sesuai aturan internal, tidak semua pegawai di Kemendagri menjalani kebijakan Work from Home (WFH).

Dua eselon tertinggi di kementerian yang membina seluruh pemerintah daerah tersebut tetap masuk kantor seperti biasa. Ini untuk menjamin kelangsungan roda organisasi dan menjaga agar pelayanan publik tetap berlangsung.

Di hari ini, sebelum memasuki ruang rapat, setiap pejabat harus disterilisasi di pintu masuk dengan semprotan disinfektan. Di samping itu masker, sarung tangan plastik juga diwajibkan dikenakan sebelum memasuki ruang rapat.

Protokol dasar pencegahan penyebaran virus corona Covid-19 ini dilakukan secara ketat tanpa terkecuali. Di samping itu medium penular seperti gelas, kertas, dan sebagainya drastis dikurangi dari ruang rapat.

Tak hanya itu, jarak perimeter kursi antara peserta rapat juga ditata hingga masing-masing berjarak minimal 1,5 meter. Untuk mengurangi kemungkinan droplet, mikrofon dan meja rapat untuk peserta ditiadakan.

"Gerakan displin dan contoh pencegahan harus dimulai dari kantor ini," kata Tito dalam keterangannya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Harus Dijalankan Semua Pihak

Tito berharap, agar aspek sederhana protokol dasar pencegahan Covid-19 ini bisa dijalankan semua pihak.

"Saya sudah berkeliling ke empat provinsi, melakukan videoconference dengan para pejabat daerah dan selalu menganjurkan aspek pencegahan guna memutus mata rantai penularan Covid-19 dengan cara-cara sederhana namun penuh tanggung jawab dan disiplin seperti suasana rapat kita hari ini," ungkap Tito.

Menurut dia, hal inilah yang harus segera diterapkan demi melindungi semua orang.

“Contoh perilaku pencegahan Covid-19 seperti ini harus kita mulai dan lakukan dari diri kita sendiri," pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.