Sukses

Pemkot Bekasi Tunda Pelaksanaan Rapid Test Covid-19 Massal

Warga Bekasi dan sekitarnya tetap diimbau berada di rumah dan menjaga jarak sosial.

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah Kota Bekasi menunda pelaksanaan tes cepat atau rapid test Covid-19 secara massal yang sedianya digelar Selasa 24 Maret 2020. Penundaan disebabkan beberapa hal yang bersifat urgent sehingga memerlukan kajian lebih lanjut dalam pelaksanaannya.

"Terkait informasi sebelumnya di mana akan ada rapid test Covid-19 di Stadion Patriot Chandrabaga Selasa (24/3), sementara waktu dibatalkan.⁣⁣ Rapid test sendiri sedang dikaji untuk dilakukan secara door to door kepada warga masyarakat," kata Wakil Wali Kota Bekasi, Tri Adhianto dalam postingan di akun Instagram pribadinya @mastriadhianto, Senin (23/3/2020).

Tri menyebutkan, ada beberapa kesiapan untuk rapid test yang masih minim, sehingga perlu dilakukan evaluasi kembali. Utamanya adalah terkait kesiapan alat serta metode yang digunakan.

"Dan tentunya adalah bagaimana prosesnya bisa berjalan secara efektif dan juga tidak terjadi perkumpulan massa, sambil kita menunggu kesiapan alat," ujar Ketua Tim Siaga Bencana Penyebaran Covid-19 itu.

Untuk kategori rapid test akan dilakukan dengan beberapa kriteria. Di antaranya Orang Dalam Pemantauan (ODP) serta Pasien Dalam Pemantauan (PDP) beserta 50 orang terdekat yang memiliki riwayat interaksi terakhir.

Kemudian 50 orang terdekat pasien positif Covid-19 yang pernah berinteraksi.⁣ Serta seluruh tenaga medis yang menangani pasien Covid-19, serta profesi yang sering berinteraksi dengan masyarakat, seperti pemuka agama, lurah, camat, dan lainnya.⁣

"Untuk warga yang merasa bagian kategori di atas dan ada gejala, bisa melaporkan diri ke Puskesmas terdekat untuk bisa dapat rujukan dan daftar rapid test ini," jelasnya.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Imbau Warga Tetap di Rumah

Tri juga mempersilakan warga Kota Bekasi yang ingin memeriksakan virus Covid-19 sejak dini, untuk mendaftar ke Dinas Kesehatan maupun posko yang sudah ditentukan.

"Untuk itu seluruh warga masyarakat Kota Bekasi, besok tidak usah hadir. Tetap jaga kesehatan, tetap di rumah, hidup sehat, olahraga dan berdoa," imbuhnya.

Sebelumnya Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, mengumumkan pelaksanaan tes massal Covid-19 dengan metode rapid test untuk masyarakat Jawa Barat.

Ada 3 lokasi yang sudah ditetapkan untuk pelaksanaan tes. Di antaranya Stadion Patriot untuk warga Kota/Kabupaten Bekasi dan Karawang, Stadion Pakansari untuk warga Kota/Kabupaten Bogor dan Depok, serta Stadion Jalak Harupan untuk warga di luar Bodabek.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.