Sukses

Telkom Bantu Sektor Layanan Telekomunikasi di Rumah Sakit Darurat Pasien Covid-19

Tujuannya memudahkan para petugas menolong dan merawat para pasien maupun untuk keperluan koordinasi berbagai pihak baik Rumah Sakit, BNPB, Kemenkes, dan Kemen BUMN, serta pihak terkait lain.

Liputan6.com, Jakarta Dalam upaya menangani dampak Covid-19, Wisma Atlet Kemayoran akan dijadikan sebagai rumah sakit darurat bagi pasien yang terpapar virus corona.

Ketersediaan layanan komunikasi dan akses informasi menjadi salah satu hal yang penting, dalam upaya penanganan penyebaran virus corona (Covid-19). Oleh karena itu, pemerintah akan menjadikan Wisma Atlet Kemayoran sebagai rumah sakit darurat pasien Covid-19.

Berkaitan dengan hal itu, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (TelkomGroup) menyediakan dukungan akses internet dan sarana teknologi informasi dan komunikasi untuk rumah sakit.

Tujuannya tak lain agar memudahkan para petugas menolong dan merawat para pasien maupun untuk keperluan koordinasi berbagai pihak baik Rumah Sakit, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Kementerian Kesehatan, Kementerian BUMN, dan pihak terkait lainnya.

Direktur Utama Telkom Ririek Adriansyah mengatakan pihaknya menyediakan akses data dan internet di lokasi. "TelkomGroup juga melakukan penguatan sinyal selular Telkomsel dan menyediakan akses internet baik yang dedicated ataupun melalui akses Wifi.id termasuk layanan IndiHome," jelas Ririek, di Jakarta, Senin (23/3).

Dukungan kepada pemerintah dari TelkomGroup untuk Rumah Sakit Darurat berupa penyediakan Astinet (dedicated internet) 2x100 Mbps untuk layanan internet, IndiHome 4x100 Mbps, akses Wifi.id 3x100Mb, dan tambahan nomor hunting Call Center 119 untuk Kementerian Kesehatan.

Sementara untuk akses mobile, Telkomsel juga memperkuat sinyal di area lokasi dengan peningkatan kapasitas BTS menjadi full capacity yang ditunjang dengan penambahan akses 500-800 Mbps dan BTS indoorserta penempatan BTS mobile (COMBAT). Disamping infrastruktur tersebut, TelkomGroup juga menyiapkan perangkat pendukung lain seperti Server, PC (personal computer), Printer, dan TV Display.

"Keseluruhan dukungan untuk keperluan akses data dan internet ini selesai disiapkan dan dapat dipergunakan sesuai dengan rencana operasional Rumah Sakit Darurat Virus Corona ini pada hari ini," jelas Ririek.

Ririek juga menambahkan bahwa TelkomGroup akan selalu siap apabila nantinya diperlukan penambahan fasilitas baik di Rumah Sakit Darurat Kemayoran ataupun di tempat lain. Telkom terus memantau perkembangan situasi penyebaran COVID-19 dan turut berperan aktif dalam menanggulangi wabah tersebut melalui kegiatan tanggung jawab sosial dan lingkungan (CSR) yang dilakukan berdasarkan edaran dari pemerintah melalui Kementerian BUMN.

"Mari bersama kita bersatu bahu membahu mengatasi COVID-19. Semoga pandemi COVID-19 dapat segera teratasi dan kita, seluruh bangsa Indonesia selalu dalam lindungan Allah SWT."

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini