Sukses

Tiba di Halim, Kru Pesawat Hercules Penjemput Alat Kesehatan dari China Disemprot Disinfektan

Berdasarkan pantauan Liputan6.com, para prajurit TNI yang turun dari pesawat Hercules nampak menggunakan masker.

Liputan6.com, Jakarta - Pesawat TNI C-130 Hercules yang membawa alat kesehatan dari Shanghai, China sudah tiba di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Senin (23/3/2020).

Pesawat Hercules itu sebelumnya sudah mendarat terlebih dahulu di Lanud Sadjad Natuna Indonesia pada Minggu, 22 Maret 2020.

Berdasarkan pantauan Liputan6.com, para prajurit TNI yang turun dari pesawat nampak menggunakan masker.

Dan ketika turun dari pesawat Hercules, mereka langsung disemprot cairan disinfektan oleh petugas yang sudah disiapkan.

Hal tersebut juga sesuai dengan yang disampaikan oleh Kasubdispenum Dispenau Kolonel Sus Muhammad Yuris.

"Kami harus menerapkan sejumlah prosedur berdasarkan protokol kesehatan dari WHO terhadap kru, pesawat, dan barang bawaan agar terhindar dari potensi terbawanya virus Covid-19 dari Tiongkok, termasuk melakukan isolasi terhadap kru pesawat untuk diobservasi kesehatannya," kata Kasubdispenum Dispenau Kolonel Sus Muhammad Yuris, dalam keterangannya, Jakarta, Senin (23/3/2020).

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Berangkat ke Shanghai

Sebelumnya, TNI menerbangkan Hercules sebagai pesawat angkut berat C130 ke Shanghai, China, untuk menjemput alat kesehatan terkait penanganan Covid-19 yang dibeli pemerintah. Hal ini sesuai dengan instruksi Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Panglima TNI.

Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Udara (Kadispen AU) Marsma TNI Fajar Adriyanto mengatakan ada 9 ton alat kesehatan untuk penanganan Covid-19 yang diangkut pesawat tersebut ke Indonesia.

"Pesawat berisi logistik kesehatan telah dibeli oleh pemerintah Indonesia seberat kurang lebih 9 ton, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto telah memerintahkan Kasau Marsekal TNI Yuyu Sutisna untuk memberangkatkan pesawat angkut berat C130 Hercules," kata Fajar saat dikonfirmasi, Sabtu, 20 Maret 2020.

Penerbangan misi kemanusiaan tersebut dua kali short stop (transit) yaitu di Lanud Sadjad Natuna dan Bandara Sanya di Hainan, untuk melakukan pengisian bahan bakar sebelum mendarat di Bandara Pudong, Shanghai.

Crew pesawat Hercules yang dipimpin oleh Letkol Pnb Suryo berjumlah 18 orang menggunakan prosedur kesehatan dengan memakai Alat Pelindung Diri (APD) sehingga tidak tertular virus Corona.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.