Sukses

Potret Pesawat hingga Kru Penjemput Alkes Covid-19 dari China Didisinfektan

Pesawat C130 Hercules yang menjemput alat kesehatan terkait Covid-19 dari China telah tiba di Tanah Air.

Liputan6.com, Jakarta - Pesawat C130 Hercules nomor ekor A-1333 dari Skadron Udara 32 Lanud Abdulrachman Saleh Malang yang menjemput alat kesehatan terkait Covid-19 dari China telah tiba di Tanah Air. Sesaat setelah mendarat di Lanud Raden Sadjad Natuna, pesawat C130 Hercules itu menjalani sejumlah prosedur.

Seluruh kru pesawat, bagian luar pesawat, kokpit, termasuk sejumlah logistik medis di dalam kabin, disemprot disinfektan.

"Kami harus menerapkan sejumlah prosedur berdasarkan protokol kesehatan dari WHO terhadap kru, pesawat, dan barang bawaan agar terhindar dari potensi terbawanya virus Covid-19 dari Tiongkok, termasuk melakukan isolasi terhadap kru pesawat untuk diobservasi kesehatannya," kata Kasubdispenum Dispenau Kolonel Sus Muhammad Yuris, dalam keterangannya, Jakarta, Senin (23/3/2020).

 

 

Sebelumnya, TNI menerbangkan Hercules sebagai pesawat angkut berat C130 ke Shanghai, China, untuk menjemput alat kesehatan terkait penanganan Covid-19 yang dibeli pemerintah. Hal ini sesuai dengan instruksi Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Panglima TNI.

Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Udara (Kadispen AU) Marsma TNI Fajar Adriyanto mengatakan ada 9 ton alat kesehatan untuk penanganan Covid-19 yang diangkut pesawat tersebut ke Indonesia.

"Pesawat berisi logistik kesehatan telah dibeli oleh pemerintah Indonesia seberat kurang lebih 9 ton, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto telah memerintahkan Kasau Marsekal TNI Yuyu Sutisna untuk memberangkatkan pesawat angkut berat C130 Hercules," kata Fajar saat dikonfirmasi, Sabtu (20/3/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Menempuh perjalananan selama lebih kurang 27 jam sejak pukul 06.55 WIB, Sabtu (21/3/2020) dan transit di lima bandara untuk mengisi ulang bahan bakar.

3 dari 4 halaman

Tiba di Lanud Raden Sadjad Natuna, Minggu (22/3/2020) pukul 09.26 WIB.

4 dari 4 halaman

Rencananya Senin pagi ini, pesawat akan terbang ke Lanud Halim Perdanakusuma Jakarta dan akan diterima Wamenhan RI, Kasum TNI, dan Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini