Sukses

Transjakarta Tak Layani Top Up Saldo dan Pembelian Kartu di Halte Mulai Besok

Humas PT Transjakarta menyatakan, hal tersebut sejalan dengan ditetapkannya status tanggap darurat bencana Covid-19.

Liputan6.com, Jakarta - PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) akan meniadakan sejumlah transaksi mulai dari top up hingga pembelian kartu di seluruh halte mulai Selasa, 24 Maret 2020.

Kepala Divisi Sekretaris Korporasi dan Humas PT Transjakarta, Nadia Diposanjoyo, menyatakan hal tersebut sejalan dengan ditetapkannya status tanggap darurat bencana terkait virus Corona atau Covid-19 oleh Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.

"Ini berarti seluruh pelanggan diwajibkan untuk memastikan memiliki kartu uang elektronik dengan saldo yang memadai ketika sampai di halte," kata Nadia dalam keterangan tertulisnya, Senin (23/3/2020).

Selain itu, dia menyebut pihaknya memprioritaskan para petugas kesehatan yang menggunakan Transjakarta. Pengguna diminta langsung memberitahukan langsung kepada petugas.

"Seluruh petugas kesehatan (tinggal) menunjukkan identitas tempat bekerja kepada petugas (Transjakarta) di lokasinya," jelasnya.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Penyesuaian Jam Operasional

Plt Transjakarta Yoga Adiwinarto juga mengatakan, ada beberapa penyesuaian operasional bus Transjakarta per Senin, 23 Maret 2020. Jam operasional mulai jam 06.00 dan tutup pukul 20.00 WIB.

"Layanan kami ketika penumpang sudah masuk di jam 20.00, namun pelanggan yang sudah ada di halte, kami pastikan akan terangkut. Jam buka halte jam 06.00 sampai jam 20.00," kata dia.

Dia mengatakan, bus Amari juga ditiadakan per Senin. Sedangkan kapasitas tiap jam bus akan dibatasi. Dia juga meminta penumpang berjarak.

Selain itu, jumlah penumpang di dalam bus mulai dibatasi untuk mencegah penyebaran virus Corona atau Covid-19 di transportasi umum.

Untuk bus gandeng, kata Nadia, hanya akan menampung 60 penumpang. Biasanya bus ini dapat menampung hingga kapasitas 180 orang.

"Tiga puluh penumpang untuk bus besar, 15 penumpang untuk bus sedang dan royaltrans. Lalu 6 penumpang untuk mikrotrans," jelasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Transjakarta adalah sistem transportasi Bus Rapid Transit (BRT) pertama di Asia Tenggara dan Selatan, yang beroperasi sejak tahun 2004 di Ja

    Transjakarta

  • Penyebaran Covid-19 ke seluruh penjuru dunia diawali dengan dilaporkannya virus itu pada 31 Desember 2019 di Wuhan, China

    COVID-19

  • Virus Corona adalah virus yang menyerang sistem pernapasan.

    Corona

  • Corona Indonesia terjadi di awal bulan Maret 2020 lalu, dengan kasus dua orang warga Indonesia yang terkonfirmasi positif COVID-19.

    Corona Indonesia

  • virus corona