Sukses

Pemprov Jabar Akan Gelar Tes Massal Covid-19 di Stadion Patriot Bekasi

Untuk tahap pertama, rapid test Covid-19 akan mendahulukan untuk masyarakat berkategori orang dalam pengawasan (ODP) dan pasien dalam pemantauan (PDP).

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat akan menggelar pemeriksaan cepat atau rapid test atau tes massal virus corona Covid-19 di Stadion Patriot Candrabhaga Kota Bekasi pada Selasa, 24 Maret 2020 mendatang.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyatakan, rapid test Covid-19 yang dilakukan berupa pemeriksaan tes darah dan dahak. Dia menyebut, pemeriksaan juga akan dilakukan secara bertahap.

Untuk tahap pertama, kata pria yang karib disapa Emil itu, akan mendahulukan untuk masyarakat berkategori orang dalam pengawasan (ODP) dan pasien dalam pemantauan (PDP).

"Dan 50 orang sekitar ODP, kemudian PDP beserta 50 orang masing-masing sekitar PDP. Termasuk positif Covid-19 dan 50 orang sekitar positif Covid -19," kata Emil dalam keterangan pers Pemkot Bekasi, Minggu (22/3/2020).

Kemudian, lanjut dia, rapid test akan dilakukan kepada para petugas kesehatan hingga masyarakat yang berprofesi memiliki banyak interaksi dengan masyarakat. Seperti camat, lurah, hingga pemuka agama.

"Setelah tahap satu selesai masuk ke tahap dua untuk mereka yang ingin memeriksakan diri dan melaporkan untuk dites kesehatannya," ucap Emil.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Teknis Disiapkan

Sementara itu, menurut Emil, teknis pemeriksaan kesehatan sedang disusun. Rencananya, kata dia, pemeriksaan akan disiapkan dengan tiga jalur.

"Tersedia tenda untuk pendaftaran, pemeriksaan cek darah dan dari hasil cek darah ini langsung diketahui hasilnya. Pengambilan hasil tes diperoleh warga di sisi timur Stadion Patriot Candrabhaga," jelas Emil.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.