Sukses

PDIP Dorong Pemda Realokasi APBD untuk Cegah Covid-19

Sosialisasi dengan brosur Covid-19 telah dilakukan dengan menyebar sebanyak 3 juta lembar dan dicetak langsung oleh Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

Liputan6.com, Jakarta - Sekjen DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto mendorong realokasi APBD untuk pencegahan Covid-19. Arahan ini secara umum sebagai arahan kepada seluruh kader partai di struktural, PDIP baik tingkat eksekutif maupun legislatif.

"Ini untuk terus menggerakkan gotong royong nasional dengan melayani rakyat, khususnya terhadap kebutuhan hand sanitizer, masker, dan alat cek temperatur tubuh," kata Hasto lewat siaran persnya, Sabtu (21/3/2020).

Menurut Hasto, hal ini sejalan dengan komitmen kemanusiaan untuk rakyat. Sosialisasi dengan brosur Covid-19 telah dilakukan dengan menyebar sebanyak 3 juta lembar dan dicetak langsung oleh Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

"Partai juga memfasilitasi dengan pemberian jamu tradisional, telur dan sosialisasi Covid-19. Dapur umum juga dipersiapkan untuk membantu rakyat kecil yang selama ini mendapatkan upah harian," jelas Hasto.

Selain itu, Hasto juga mendorong gerak gotong royong tiga pilar yang meminta seluruh pimpinan dewan dan kepala daerah atau wakil kepala daerah dari PDIP agar mendorong realokasi APBD untuk pencegahan Covid-19.

"Partai bekerja sama dengan seluruh elemen masyarakat. Partai juga membantu menciptakan suasana agar rakyat tidak panik, dan mendukung kerja pemerintah," ucap Sekjen PDIP ini.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Seluruh Kader Elite PDIP Bergerak

Hasto menjelaskan, gerak simultan PDIP dilakukan di setiap lini. Seperti Ketum PDIP Megawati Sokarnoputro yang memimpin gotong royong nasional tiga pilar partai tersebut secara langsung.

Kemudian, Wali Kota Surabaya dan kader PDIP Tri Rismaharini ditugaskan secara khusus untuk mengoordinasikan pergerakan kepala daerah PDIP. Lalu ada kader senior PDIP Seskab Pramono Anung yang juga mendapat tugas agar terus mendorong pemerintah untuk memberikan dukungan penuh bagi para dokter, perawat, dan seluruh tim medis yang benar-benar berdedikasi mengobati penderita Covid-19.

"Apa terjadi saat ini juga mengajarkan betapa pentingnya membangun semangat berdikari, khususnya dalam kesehatan. Seluruh kepala daerah partai wajib melakukan penyemprotan disinfektan, menyediakan jamu sehat, vitamin dan jaringan pengaman sosial, serta memerkuat seluruh tim medis untuk membantu rakyat," Hasto menandaskan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.