Sukses

Positif Covid-19, Bima Arya Ditangani Tim Medis dalam 3 Shift

Menurut Ilham, Bima dirawat di ruang isolasi tekanan negatif di RSUD Kota Bogor mulai Kamis malam.

Liputan6.com, Bogor - Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto yang dinyatakan positif Covid-19 dan dirawat di ruang isolasi di RSUD Kota Bogor ditangani oleh tim dokter serta dibantu belasan paramedis yang merawatnya secara intensif dalam tiga shift.

Direktur Utama RSUD Kota Bogor Ilham Chaidir mengatakan hal itu di Kota Bogor, Jumat (20/3/2020), menanggapi pertanyaan seputar kondisi Bima Arya.

Menurut dia, Wali Kota Bogor Bima Arya ketika mendapat pemberitahuan bahwa hasil tes kesehatan yang dijalaninya menyatakan positif Covid-19, pada Kamis (19/3/2020) sore, segera menghubungi Ilham dan memberitahukan kabar tersebut.

"Dari pembicaraan dengan Pak Bima, diputuskan bahwa Pak Bima dirawat di ruang isolasi di RSUD Kota Bogor," kata Ilham.

Dia kemudian menugaskan dokter yang dibantu paramedis untuk menjemput Bima Arya menggunakan ambulans di kediamannya.

"Dokter dan paramedis ketika menjemput Pak Bima, sudah dilengkapi dengan APD (alat pelindung diri)," kata Ilham seperti dikutip Antara.

Menurut Ilham, Bima dirawat di ruang isolasi tekanan negatif di RSUD Kota Bogor mulai Kamis malam.

"Di RSUD Kota Bogor ada empat ruangan isolasi. Ada tiga pasien dengan status positif Covid-19 yang sedang dirawat di ruang isolasi," katanya.

Ketika ditanya kondisi Bima Arya, Ilham menjelaskan bahwa Bima Arya kondisinya stabil.

"Kondisi fisiknya bagus. Tensi darahnya normal dan stabil, pernapasannya juga baik. Namun, protokol yang ditetapkan Pemerintah harus diisolasi," katanya.

Ilham menambahkan, tim dokter yang dibantu belasan paramedis akan terus memantau kondisi Bima Arya setiap hari. "Kita menjaga jangan sampai kondisi fisiknya menurun," katanya.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mengikuti Protokol Pemerintah

Bima Arya yang memiliki riwayat perjalanan ke luar negeri, yakni ke Turki dan Azerbaijan, pada 9-16 Maret 2020, menjalani tes kesehatan Swab di Kota Bandung pada Selasa (17/3/2020). Bima Arya kemudian mendapat kabar hasil tes kesehatannya menyatakan positif Covid-19 pada Kamis sore.

"Walaupun saya tidak ada gejala signifikan, cuma batuk-batuk kecil saja, tapi saya memutuskan untuk mengikuti protokol dari Pemerintah Pusat, yakni menjalani perawatan di ruang isolasi," kata Bima.

Bima kemudian memilih untuk dirawat di ruang isolasi RSUD Kota Bogor.

"Saya mempercayakan sepenuhnya pada penanganan perawatan di RSUD Kota Bogor yang memiliki ruang rawat isolasi untuk pasien positif Covid-19," katanya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.