Sukses

Operasi Pasar di Palmerah, Kapolda: Jangan Sampai Masyarakat Panic Buying

Irjen Nana Sujana mengatakan, sejauh ini pasokan bahan pangan seperti beras, gula, minyak goreng, dan tepung terigu lebih dari cukup.

Liputan6.com, Jakarta - Untuk memastikan ketersediaan bahan pokok, Kapolda Metro Jaya Irjen Nana Sujana menggelar inspeksi di Pasar Palmerah, Jakarta Barat. 

"Operasi pasar ini merupakan upaya kami dengan stakeholder untuk menstabilkan sembilan bahan pokok yang ada di pasar. Jangan sampai masyarakat melakukan panic buying atau membeli berlebihan. Itu tujuan kami," kata Nana di lokasi, Jumat (20/3/2020).

Nana mengatakan, sejauh ini pasokan bahan pangan seperti beras, gula, minyak goreng, dan tepung terigu lebih dari cukup. Karena itu dia meminta Masyarakat jangan resah dengan isu yang beredar.

"Di sini, harga masih stabil dan stok cukup," ucap dia.

Meksi begitu, Nana mengakui ada sejumlah barang yang mengalami kenaikan. Misalnya gula, dari harga normal Rp 12.500, kini menjadi Rp 16 hingga Rp 18 ribu. 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Penimbun Akan Ditindak Tegas

Padahal, menurut dia, pemerintah sudah mengadakan upaya pendistribusian dari Lampung. Termasuk juga melakukan operasi pasar setiap hari dengan menggelontorkan sekitar 10 ton gula ke setiap pasar.

"Ini akan jadi perhatian kami. Satgas pangan akan melakukan upaya dan penyelidikan langkanya gula. Mungkin ada penimbunan atau hal lain. Oleh karena itu distributor dan spekulan tidak menimbun, kami akan tindak tegas yang memanfaatkan kondisi ini," papar dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.