BMKG: Gempa Hari Ini Getarkan Kuta dan Poso

Oleh Devira Prastiwi pada 19 Mar 2020, 19:51 WIB
Diperbarui 19 Mar 2020, 19:51 WIB
Gempa Indonesia

Liputan6.com, Jakarta - Gempa hari ini kembali membuat Indonesia bergetar. Hingga pukul 19.00 WIB, ada dua lindu yang datang ke Nusantara.

Informasi mengenai gempa ini seperti dikutip dari laman resmi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) www.bmkg.go.id, Kamis (19/3/2020).

Lindu pertama pada hari ini menyambangi Kuta Selatan, Bali. Gempa tersebut berkekuatan magnitudo 6,6 dan bahkan dirasakan hingga ke Jember, Jawa Timur.

"Saat terjadi gempa saya merasakan tempat tidur bergerak-gerak, namun hanya beberapa detik saja, sehingga saya langsung bangun dan ke luar rumah," kata Fatimah, salah seorang warga di Kecamatan Kaliwates, Kabupaten Jember, seperti dikutip dari Antara.

Meski begitu, BMKG menyebut, gempa yang terjadi di Pulau Dewata itu tidak berpotensi tsunami.

"Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami," ucap Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Rahmat Triyono.

Berikut informasi selengkapnya mengenai dua gempa yang terjadi di Indonesia yang dihimpun Liputan6.com dari laman resmi BMKG:

 

2 dari 4 halaman

Kuta Selatan

Gempa Hari Ini di NTB dan NTT Tidak Berpotensi Tsunami
Hari ini, Jumat, 30 Desember 2016, gempa guncang Nusa Tenggara Timur, dan Nusa Tenggara Barat. (Ilustrasi Gempa: cdn.abclocal.go.com)

Gempa pertama pada hari ini terjadi di Kuta Selatan, Bali. Lindu menggetarkan Pulau Dewata pada pukul 00:45:37 WIB.

Pusat gempa berada di laut 273 kilometer barat daya Kuta Selatan. Lindu tersebut berkekuatan magnitudo 6,6 dengan kedalaman 10 kilometer.

Episenter gempa berada pada titik 11.2 Lintang Selatan-115.09 Bujur Timur.

 

3 dari 4 halaman

Tambrana

Gempa Bumi
Ilustrasi Gempa Bumi (iStockphoto)

Kemudian pada pukul 17:23:52 WIB, gempa terjadi di Tambrana, Poso, Sulawesi Tengah. Lindu bermagnitudo 4,5 dengan kedalaman 10 kilometer.

Episenter gempa berada pada titik 1.25 Lintang Selatan-120.57 Bujur Timur.

Pusat gempa berada di darat 8 kilometer arah selatan Tambarana, Kabupaten Poso.

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓