Cegah Penyebaran Covid-19 di DKI, Rangkaian Kegiatan Jelang Nyepi Tanpa Keramaian

Oleh Ika Defianti pada 19 Mar 2020, 17:57 WIB
Diperbarui 19 Mar 2020, 17:57 WIB
Jelang Nyepi, Ribuan Umat Hindu Bali Gelar Ritual Melasti
Perbesar
Ribuan umat Hindu mengikuti ritual Melasti di Pantai Petitenget, Denpasar, Bali, Senin (4/3). Ritual ini dilakukan sebagai instrospeksi dan mensucikan diri jelang tawur kesanga dan catur berata penyepian. (SONNY TUMBELAKA/AFP)

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyepakati rangkaian kegiatan dalam hari raya Nyepi di Jakarta pada Rabu 25 Maret 2020 akan diselenggarakan tanpa adanya keramaian. Hal tersebut guna meminimalkan penyebaran virus corona atau Covid-19.

"Tadi unsur umat Hindu yang hadir menyampaikan bahwa kegiatan Nyepi susah diputuskan tidak dilakukan dengan keramaian. Jadi kegiatan keramaiam ditiadakan," kata Anies di Balai Kota, Jakarta Pusat, Kamis (19/3/2020).

Sekretaris Parisada Hindu Dharma DKI Jakarta, I Nengah Darma menyatakan, untuk Melasti jelang Nyepi pada Minggu 22 Maret 2020 akan di selenggarakan di Pura Tanjung Puri, Cilincing, Jakarta Utara.

"Hanya 10 orang saja tidak banyak orang kita batasi," kata Nengah.

Sedangkan untuk pelaksanaan Tawur Agung akan di laksanakan pada Selasa 24 Maret 2020 di Pura Aditya Jaya, Rawamangun, Jakarta Timur. Kegiatan itupun juga hanya terbatas yakni 10-15 orang.

"Kemudian untuk menyelenggarakan sipeng Nyepi, 25 Maret, justru kami taat dengan ajaran. Sipeng Nyepi di rumah saja," jelasnya.

 

2 dari 3 halaman

Siap Jalankan Kebijakan

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.
Perbesar
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memastikan kebijakan Pemprov DKI Jakarta dalam mencegah penyebaran virus Corona Covid-19 sejalan dengan pemerintah pusat.

"Kami memastikan langkah-langkah di DKI Jakarta sejalan dengan taktik strategi dalam menghadapi Covid-19 yang dipimpin Kepala BNPB. Kita pastikan koordinasi berjalan baik, dan Insyaallah kita bisa kendalikan sebaik-baiknya," ucap Anies di Graha BNPB, Jakarta Timur, Rabu,18 Maret 2020.

Dengan adanya koordinasi yang baik ini, Anies berharap langkah pencegehan Covid-19 dapat meredam penyebaran virus corona yang tergolong masif.

"Kami akan teruskan kampanye yg kita kerjakan terkait langkah-langkah yg harus dikerjakan di rumah tangga, perkantoran, di tempat ibadah, kegiatan umum lainnya. Seluruh jajaran dalam posisi siap meneruskan yang kita kampanyekan," kata dia.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓